Jum'at, 10 Mei 2013 22:30

PENYERAHAN DP4 UNTUK PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI TAHUN 2013

Tanjungpandan – Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein yang diwakili oleh Asisten I Setda Bidang Pemerintahan, Hj. B. Maiya Hasibuan, SH menyerahkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) pemilihan Bupati Belitung dan Wakil Bupati Belitung tahun 2013 kepada Ketua KPU Kabupaten Belitung, Jum’at 10 Mei 2013, bertempat di Ruang Rapat Bupati Belitung.

Acara ini dalam rangka memenuhi amanat UU No 32 Tahun 2004 yang telah diubah dengan UU No 12 Tahun 2008 dan UU No 22 Tahun 2007 bahwa pemerintah dalam hal ini pemerintah daerah Kabupaten Belitung berkewajiban menyerahkan data penduduk untuk keperluan pemilu. Data penduduk yang dimaksud adalah data potensial pemilih pemilu (DP4) sebagai dasar bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menentukan Data Pemilih Sementara (DPS) Pemilu. Proses penyusunan DP4 didahului oleh penyusunan Data Agregat Kependudukan per Kecamatan (DAK2). DAK2 sendiri bersumber dari data kependudukan yang telah dimuat dimutakhirkan secara nasional pada Tahun 2010 dan dilanjutkan secara dinamis melalui penyelenggaraan administrasi kependudukan yaitu pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan peristiwa penting kependudukan yang dilakukan setiap hari pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung. Dari DAK2 tersebut disusunlah DP4 Kabupaten Belitung yaitu sejumlah 119.180 jiwa.

Dengan diserahkannya Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu ini diharapkan dapat memperlancar terselenggaranya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belitung tanggal 9 Oktober 2013.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung