Rabu, 15 Mei 2013 23:25

ACARA PENCANANGAN BULAN BHAKTI GOTONG ROYONG MASYARAKAT KE-X DAN HARI KESATUAN GERAK PKK KE-41 TINGKAT KABUPATEN BELITUNG TAHUN 2013

Tanjungpandan - Bupati Belitung dan Wakil Bupati Belitung menghadiri Acara Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke-X dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-41 Tingkat Kabupaten Belitung yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Perempuan dan KB, bertempat di Lapangan Bola Desa Air Saga Kecamatan Tanjungpandan, pada hari Selasa (14/05).

Kepala Desa Air Saga, Elisnawati dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa masyarakat Desa Air Saga telah melaksanakan kegiatan gotong royong dan penghijauan mulai dari lingkungan RT, RW dan berharap agar Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung bisa memperhatikan dan mengalokasikan dana anggaran untuk memagar Lapangan Bola Desa Air Saga .

Selain itu, dalam kesempatan yang sama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Belitung yang diwakili oleh Wakil Ketua TP PKK Kab. Belitung, Ny. Asmara Sahani Saleh, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh kader PKK se- Kabupaten Belitung yang telah ikut serta dalam acara tersebut dan berharap agar 10 program pokok PKK bisa dilaksanakan dengan baik.

Kepala BPMPDPKB Kabupaten Belitung, Suharyanto, S. AP mengatakan bahwa kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ini merupakan salah satu sarana yang mampu menumbuh kembangkan semangat kegotongroyongan & kebersamaan dalam wahana pembangunan, yang selama ini menjadi keinginan & harapan seluruh masyarakat sebagai salah satu upaya melestarikan semangat gotong royong di masyarakat Kabupaten Belitung. Kemudian, peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ( BBGRM ) ke X dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-41 Tingkat Kabupaten Belitung Tahun 2013 Tahun 2013 ini, mengambil tema ”BANGKITKAN SEMANGAT GOTONG ROYONG MELALUI GERAKAN PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA MENUJU MASYARAKAT MANDIRI DAN SEJAHTERA“.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein menyampaikan sambutan sekaligus harapannya agar melalui pelaksanaan Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ( BBGRM ) yang di integrasikan dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG –PKK) Tahun 2013, akan mampu menggelorakan kembali semangat kegotongroyongan dan keswadayaan, untuk lebih memberikan makna dukungan keberhasilan membentuk sosial budaya keluarga, masyarakat yang kondusif dalam pembangunan, hal ini sesuai pula dengan tujuan dari pelaksanaan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ( BBGRM ) Tahun 2013, yaitu (1) Meningkatkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, kegotongroyongan dan keswadayaan masyarakat dalam pembangunan, (2) Meningkatkan kemampuan dan kesadaran warga masyarakat dalam memenuhi kebutuhan berdasarkan rasa kebersamaan dan keaneka ragaman menuju pada penguatan integrasi sosial melalui kegiatan- kegiatan kegotong- royongan, (3) Meningkatkan komitmen Pemerintah Daerah untuk melanjutkan dan mengembangkan pembangunan keluarga, dan (4) Meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap nilai-nilai pembangunan.

Turut hadir dalam acara tersebut, yakni Wakil Ketua DPRD Kab. Belitung, Anggota Komisi I DPRD Kab. Belitung, unsur Forkominda Kabupaten Belitung, Camat, Lurah, Kades se-Kabupaten Belitung, Tim Penggerak PKK se-Kabupaten Belitung, Kepala Dinas/ Instansi di Lingkungan Pemerintah Daerah Kab. Belitung dan undangan lain.

Dalam acara tersebut, dilaksanakan juga pemberian bantuan secara langsung berupa paket sembako, kursi roda, tongkat penyanggah bagi penyandang cacat, oleh BAZ Kabupaten Belitung yang diserahkan secara simbolis kepada Kepala Desa Air Saga Kabupaten Belitung, untuk kemudian disalurkan kepada yang berhak menerima dan dilanjutkan dengan penyerahan piala serta piagam kepada para pemenang dari Gelar Teknologi Tepat Guna Kabupaten Belitung dan pemenang lomba Hari Keluarga Nasional ke-XX Tingkat Kabupaten Belitung Tahun 2013, secara langsung oleh Bupati Belitung dan Wakil Bupati Belitung, kedua kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada 4 April 2013 dan 18 Januari 2013.

DAFTAR PEMENANG GELAR TEKNOLOGI TEPAT GUNA KABUPATEN BELITUNG TAHUN 2013


Sumber: Keputusan Bupati Belitung Nomor: 188.45/200/KEP/BPMPDPKB/2013
Sumber: Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Perempuan dan KB KAb. Belitung