Selasa, 28 Mei 2013 11:40

PEMBUKAAN BIMBINGAN TEKNIS PENYUSUNAN STANDAR KOMPETENSI JABATAN

Tanjungpandan - Dalam rangka memberikan pengetahuan dan wawasan tentang penyusunan standar kompetensi jabatan bagi Pegawai Negeri Sipil, khususnya pada Dinas/Instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung yang membidangi Kepegawaian, maka Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Belitung menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan yang dibuka secara langsung oleh Asisten III Setda Bidang Administrasi Helman, SH mewakili Bupati Belitung dan dihadiri oleh para undangan , bertempat di Gedung Serba Guna Pemkab. Belitung, pada hari Senin (27/5).

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari kerja atau selama 30 jam pelajaran dari tanggal 28 s/d 30 Mei 2013, diikuti oleh 60 orang peserta yang merupakan Pejabat  Eselon IV dan staf yang membidangi masalah Kepegawaian. Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kab. Belitung, sekaligus selaku Ketua Pelaksana kegiatan, Sayuti menyampaikan adapun maksud dari kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan PNS dalam menyusun standar kompetensi jabatan, sehingga menjadi pedoman Standar Kompetensi Jabatan pada satuan kerja masing-masing. Selain itu, Sayuti mengatakan bahwa kegiatan ini memiliki beberapa tujuan antara lain; (1) Memberikan pemahaman tentang penyusunan standard dan pengukuran kompetensi jabatan Pegawai Negeri Sipil, (2) Meningkatkan kualitas rancang bangun penyusunan standardan pengukuran kompetensi jabatan PNS, (3) Memperjelas arah pengembangan pola karir dan sistem pendidikan dan pelatihan pegawaian dan seluruh fasilitator/ Narasumber kegiatan berasal dari Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia.

Asisten III Setda Bidang Administasi, Helman, SH mewakili Bupati Belitung dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Belitung, sebagai penyelenggara kegiatan yang secara langsung memberikan kontribusi positif kepada para peserta sebagai Aparatur Pemerintah, khususnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung. selain itu, Helman mengatakan dengan adanya standar kompetensi jabatan yang jelas bagi para PNS tersebut, upaya untuk mewujudkan Pegawai Negeri Sipil yang profesional sebagai salah satu aspek penting reformasi birokrasi, sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Presiden Nomor B1 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi, melalui penataan jabatan yang berbasis kompetensi dan profesionalisme dari Pegawai Negeri Sipil dapat segera diwujudkan, khususnya di Kabupaten Belitung.

Sumber: Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Belitung