Rabu, 12 Juni 2013 05:58

SOSIALISASI DANA BERGULIR LPDB-KUMKM

Tanjungpandan – Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein bersama Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung H. Rustam Effendi, B.Sc membuka Acara Sosialisasi Dana Bergulir LPDB-KUMKM, Selasa 11 Juni 2013, bertempat di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung. Dengan dihadiri oleh Direktur LPDB, Ir. Kemas Danial, Kepala Dinas Perindagkop dan Penanaman Modal Kabupaten Belitung, Adnizar, SH, berserta tamu undangan lainnya.

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal Kabupaten Belitung bekerja sama dengan lembaga penyaluran dana bergulir LPDB-KUMKM Kementerian Koperasi dan UKM RI melaksanakan sosialisasi dana bergulir. LPDB-KUMKM yang berstatus badan layanan umum tersebut, dibentuk dari tiga kementerian. Yakni Kementerian  Koperasi dan UMKM, Kementerian Keuangan Serta Kementerian Perdagangan. LPDB sendiri bertujuan untuk mengentaskan pengangguran dan kemiskinan, serta memperkuat permodalan koperasi dan UMKM, dan memperkuat ekonomi secara nasional. Sosialisasi tersebut diikuti sebanyak 300 pelaku usaha di Kabupaten Belitung.

Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung H. Rustam Effendi, B.Sc mengatakan, manfaatkanlah kesempatan ini untuk penguatan koperasi dan usaha kecil menengah ini. “Kalau di flashback, saat krisis beberapa tahun lalu yang menjadi pilar yang bisa bertahan  di Indonesia adalah koperasi dan UMKM. Oleh karena itu pemerintah harus memberikan perhatian khusus kepada masyarakat yang bergerak di bidang koperasi dan UMKM ini” ujar Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein dalam sambutannya mengatakan pada awal membuka Galeri KUMKM Belitung hanya ada puluhan produk. Sekarang produk yang berbasis kerajinan maupun hasil laut sudah mencapai lebih dari 300. “UKM saat ini telah menjadi salah satu penopang pertumbuhan ekonomi di Belitung. Hal itu dapat dilihat dengan menjamurnya produk UKM, baik yang dititipkan di Galery KUMKM Belitung maupun tokoh oleh-oleh. Semua itu tidak lepas karena sektor pariwisata kita yang telah berkembang pesat dan telah di kenal dunia” ujar Bupati Belitung.
Sumber: Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Penanaman Modal Kabupaten Belitung