Kamis, 27 Juni 2013 09:22

PEMBINAAN PEMERINTAHAN DESA SE-KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan, Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Perempuan dan KB menggelar kegiatan Pembinaan Pemerintahan Desa Se-Kabupaten Belitung yang berlangsung pada Senin, (25/06) di Ruang Pertemuan Hotel Pondok Impian Tanjungpandan.

Dalam laporan Ketua Panitia Azdiar, mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan para Kepala Urusan agar dapat bekerja dengan baik dan benar sesuai dengan ketentuan Perundang-undangan yang berlaku.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah; meningkatnya pengetahuan para Kepala Urusan tentang tugas dan fungsinya sebagai Kepala Urusan di Desa sehingga dapat membantu pelaksanaan tugas Kepala Desa yang secara Administrasi melalui Sekretaris Daerah, serta meningkatkan tertibnya Administrasi Pemerintahan Desa secara baik dan benar sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 168 peserta yang pelaksanaannya dibagi dalam dua angkatan. Nara sumber dalam kegiatan ini berasal dari BPMPDPKB Kabupaten Belitung, Inspektorat Kabupaten Belitung, Bappeda Kabupaten Belitung, dan Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung.

Sementara itu, dalam sambutan Bupati Belitung Ir. H. Darmansyah Husein yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Setda, Hj. B. Maiya Hasibuan, SH mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk ”pembinaan” terhadap peneyelenggaraan Pemerintahan Desa. Hal ini merupakan wujud konkrit kita bersama di dalam mewujudkan penyelenggaraan kepemerintahan yang baik (Good Governance).

Bupati mengharapkan dalam percepatan pelaksanaan pembangunan desa dapat terus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PADes) sesuai dengan potensi desa  masing-masing. Karena hal ini sangat penting dalam mendorong percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan aparatur pemerintahan desa.
”Laksanakan setiap kegiatan pembangunan sesuai dengan ketentuan  yang berlaku, karena ke depan masih banyak agenda yang harus dikerjakan dalam menata perencanaan pembangunan agar dapat berjalan dengan baik dan efektif”, jelas Maiya.

Turut hadir dalam acara Kepala BPMPDPKB Kabupaten Belitung, Suharyanto, S.AP, Kepala Bappeda Kabupaten Belitung Ir. Hermanto, Kabag Tata Pemerintahan, para Camat atau yang mewakili, serta segenap undangan lainnya.
Sumber: Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Perempuan dan KB Kab. Belitung