Kamis, 27 Juni 2013 09:25

BUPATI BELITUNG BUKA PELATIHAN GURU TPA LEVEL B

Tanjungpandan - Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda menggelar kegiatan Pelatihan Guru Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Level B Tahun 2013 dengan mengusung tema ”Melalui Pelatihan Ustadz/Ustadzah TPA Level B, Kita Tingkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Menuju Terciptanya Generasi Qur’ani”. Acara dibuka secara resmi oleh Bupati Belitung, Ir. H. Darmansyah Husein pada Senin, 24 Juni 2013 di Graha Resto Tanjungpandan.

Ketua Panitia, Thamrin, S.Ip dalam laporannya mengatakan, pelatihan ini merupakan suatu proses untuk menghasilkan pengajar-pengajar yang profesional dalam mendidik santri-santri agar menjadi siswa yang berintelektual dan berakhlakul karimah, khususnya mampu membaca Al-Quran dengan baik dan benar sesuai dengan ilmu tajwid, sehingga menjadi generasi yang mencintai Al-Quran untuk dijadikan pandangan hidup sehari-hari.

Pelaksanaan kegiatan ini akan dilaksanakan selama 8 hari, dari tanggal 24 juni sampai dengan 1 juli 2013 dengan nara sumber berjumlah 13 orang, terdiri dari unsur Pemerintah Kabupaten Belitung, Kementerian Agama Kabupaten Belitung, dan BKPRMI Kabupaten Belitung. Materi pelatihan sebanyak 64 jam pelajaran yang terdiri dari; kebijakan pemerintah daerah, kebijakan kementerian agama, ilmu tajwid, tahsinul qiro’ah/tadarus, hafalan surat pendek, hafalan ayat pilihan, dinul islam, doa harian, tahsinul kitabah, dan pretest.

Bupati Belitung, Ir. H. Darmansyah Husein dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Belitung sejak tahun 2002 yang lalu hingga saat ini telah mengupayakan Gerakan Penuntasan Buta Aksara Al-Quran di daerah ini. Hal ini sejalan pula dengan program yang dilaksanakan Pemerintah Pusat, bekerjasama dengan Badan Koordinasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), yakni melalui pencanangan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) sebagai wadah pembelajaran bagi generasi muda kita, khususnya anak usia dini untuk mempelajari dan mendalami Al-Quran.

Untuk itu, kepada para peserta pelatihan, Bupati berharap agar dapat mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga dapat memahami materi yang disampaikan narasumber dengan seksama, untuk dipedomani dalam kegiatan belajar mengajar di TPA masing-masing.

Turut hadir dalam acara, Sekda Belitung, Drs. H. Abdul Fatah, M.Si, Kabag Kesra Ahyat, AT, Direktur LLPTKA, Subandi, Ketua DPD BKPRMI, Kasimin, para peserta dan undangan lainnya.
Sumber: Bagian Kesejahteraan Rakyat Kab. Belitung