Selasa, 9 Juli 2013 05:43

BKD GELAR PEMBEKALAN PNS YANG MEMASUKI BATAS USIA PENSIUN (BUP)

Tanjungpandan - Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Belitung menggelar kegiatan pembekalan bagi para PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung yang memasuki Batas Usia Pensiun (BUP) yang dilaksanakan pada Senin (1/7) hingga Rabu (3/7) di Ruang Sidang Pemkab Belitung. 

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekda Kab. Belitung, Drs. H. Abdul Fatah, M.Si yang turut dihadiri oleh fasilitator dari Badan Kepegawaian Negara Regional Kanreg VII Palembang, Yulia Laili, SH, MH dan PT. Taspen, Nelson.

Dalam laporan Ketua Panitia, Sayuti mengatakan, adapun tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi, pencerahan, dan kesiapan mental spiritual agar lebih siap dan semangat menjalani masa pensiun, memberikan bekal kemampuan, sikap dan keterampilan dalam bidang kewirausahaan menuju kemandirian financial dimasa purna bakti yang lebih sehat dan produktif, serta memberikan pengetahuan teknis tentang prosedur pengusulan pensiun dan pengurusan hak peserta taspen.

Peserta pembekalan adalah PNS yang akan memasuki Batas Usia Pensiun (BUP) pada setiap SKPD di lingkungan Pemkab Belitung sebanyak 90 peserta. Materi pembekalan meliputi; prosedur pengurusan pensiun, prosedur pengurusan hak-hak pensiun, pengembangan usaha, dan pemberian motivasi untuk pengembangan diri dalam berkarya menghadapi pensiun.

Bupati Belitung, Ir. H. Darmansyah Husein dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Kab. Belitung mengatakan, pensiun merupakan suatu proses hidup PNS. Suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, tahapan ini harus dijalani, yang pasti pensiun itu bukan akhir dari segalanya, dan hal ini harus disikapi oleh setiap PNS secara wajar dan professional, arif dan bijaksana. Untuk itu, nikmatilah keberadaannya walaupun penghasilan menjadi berkurang dari sebelumnya.
”Diharapkan kepada saudara-saudara setelah memasuki masa pensiun nanti agar tetap memiliki semangat tinggi untuk lebih giat berusaha, memiliki inovasi dan kreatifitas sehingga dalam masa purna tugas dapat terus berkarya melalui penggalian talenta alami atau sesuai bakat dan potensi diri masing-masing demi menunjang kesejahteraan keluarga yang lebih baik”, jelas Sekda. 

Turut hadir dalam acara, Kepala Dishubkominfo, Darma Bakti, S.Sos, Kepala Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Basmartoni, BA, perwakilan Dinas/Instansi di lingkungan Pemkab Belitung, para peserta dan undangan lainnya.



Sumber: Badan Kepegawaian Daerah Kab. Belitung