Selasa, 9 Juli 2013 05:43

PERINGATAN HARI LANJUT USIA NASIONAL DI KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan - Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Kabupaten Belitung menggelar kegiatan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2013 yang diselenggarakan pada Jum’at (5/7) di Halaman Kantor Bappeda Kabupaten Belitung. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos.

Ir. Hermanto selaku Ketua Panitia, dalam laporannya mengatakan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional pada tahun ini mengusung tema ”Lanjut Usia Pelopor Jati Diri Bangsa”. Tema ini tersirat makna bahwa Lansia sesungguhnya adalah pendahulu dan peletak dasar-dasar berbangsa dan bernegara. Mereka menjadi inspirator sesuai zamannya, dan sekaligus menjadi pendulum situasi kekinian oleh generasi saat ini dan yang akan datang. Ini juga mengisyaratkan bahwa perjalanan berbangsa dan bernegara ini dibangun atas nilai kesejarahan dan bukan sepenggal kejadian, dan oleh karenanya didalam menggapai cita-cita ke depan, sekali waktu kita harus tetap menengok kebelakang serta belajar kesalahan yang terulang.

Hari Lanjut Usia Nasional pertama kali dicanangkan oleh Presiden RI pada tanggal 29 Mei 1996 di Semarang Jawa Tengah, yang kemudian setiap tahun diperingati sebagai Hari Lanjut Usia Nasional dengan slogan Tua Berguna dan Berkualitas. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian, penghormatan dan penghargaan pemerintah dan masyarakat kepada lanjut usia.

Sementara Wabup dalam sambutannya mengatakan keluarga adalah hal penting untuk dijaga keharmonisannya. Hubungan anak dengan orang tua juga sebaliknya memang harus dijaga keharmonisannya, karena berbakti kepada orang tua dan menjaga hubungan baik keluarga adalah kewajiban bagi setiap manusia. Saya yakin memasuki masa tua, hidup rukun dan damai bersama keluarga adalah impian semua orang. Bisa melihat anak dan cucu hidup bahagia, berbagi dan menghabiskan waktu bersama keluarga, bisa diurus, diperhatikan dan dimanjakan oleh keluarga adalah hal yang paling membahagiakan. 

Selain itu, hal yang sangat penting adalah jangan menganggap menjadi lanjut usia merupakan sisa hidup, karena usia tua bukan merupakan penghalang untuk tetap kreatif, produktif dan berprestasi. Umur boleh tua, tetapi semangat tetap muda, agar tidak cepat pikun, perbanyak lakukan kegiatan-kegiatan positif, seperti membaca, menonton televisi atau bercerita kepada anak cucu.
”Saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada bapak-bapak dan ibu-ibu para lanjut usia yang telah memberikan pengorbanan jiwa dan raga bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Selamat Kepada Para Lanjut Usia, The Golden Age Indonesia, mari kita sambut peringatan Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2013 ini dengan tekad dan tindakan nyata”, kata Wabup menutup sambutannya.

Acara juga dimeriahkan dengan kegiatan lomba senam lansia dan pemberian bingkisan sembako. Turut hadir dalam acara, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Junaidi Haminte, Sekda Belitung, Drs. H. Abdul Fatah, M.Si, Asisten I Setda Bidang Pemerintahan, B. Maiya Hasibuan, SH, Kepala BPMPDPKB Kabupaten Belitung, Suharyanto, S.AP, Kepala Dinas PU Kabupaten Belitung, Ir. H. Hasanuddin, B.MM, Kepala Dukcapil Kabupaten Belitung, Dra. Hotmaria Ida, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Belitung, Ir. Toni H.A Batu Bara, SE, MT, pegawai di lingkungan Pemkab Belitung, Ketua GOW Kabupaten Belitung, Ny. Asmara Sahani Saleh, para lanjut usia, dan undangan lainnya.



Sumber: Komisi Daerah Lanjut Usia Kab. Belitung