Kamis, 15 Agustus 2013 22:27

BPD : Menjaga Hak dan Kewajiban

Tanjungpandan, Bertempat di Ruang Serba Guna Desa Air Saga, Camat Tanjungpandan, Tohari Warsito melantik 11 anggota BPD Desa Air Saga Periode 2013-2019 pada Rabu 14 Agustus 2013.  Selain dihadiri Wakil Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos hadir pula Asisten Bidang Pemerintahan, Hj. B. Maiya Hasibuan, SH, Kapolsek Tanjungpandan, Danramil dan kelima kepala dusun di lingkungan Desa Air Saga.

Dalam sambutannya Camat Tohari Warsito, mengucapkan terima kasih atas tugas yang dilaksanakan BPD sebelumnya, periode 2007-2013. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Kepala Desa Air Saga dan Kepala Desa Pelempang Jaya yang telah menyampaikan rancangan APBDes lebih awal.  “Struktur anggota BPD ini sudah ideal. Dari sisi wilayah mereka mewakili 5 dusun di Desa Air Saga, dari sisi keterwakilan perempuan sudah melebih 30% dan latar belakang profesi pun beragam. Namun demikian anggota BPD yang baru ini diharapkan dapat bekerja dengan baik, dan memberikan hasil yang terbaik yakni dengan memberikan keseimbangan antara hak dan kewajiban”, kata Warsito dalam sambutannya.

Sebagian dari hak anggota BPD adalah menerima gaji dan tersedia gedung kantor. “Memang tidak ada keharusan untuk berkantor setiap hari, tetapi setidaknya (hak mendapatkan sarana prasarana kerja) yang sudah dipenuhi itu hendaknya dapat dimanfaatkan. Begitupun dengan gaji, Alhamdulillah anggota BPD periode 2013 - 2019 bisa menikmati gajinya di bulan September. Namun BPD juga dituntut untuk menjalankan kewajiban di bidang administrasi, pemerintahan umum dan sosial kemasyarakatan”, tambah Warsito.

Berdasarkan Keputusan Bupati Belitung Nomor: 141/028/KEP/I/2013 tentang pemberhentian Anggota Badan Permusyawaratan Desa Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung Periode 2013-2019 dilantik 11 anggota yakni Norni, Nandika, Armiati, Iwan Amrullah, Agus Purnandi, Agustiar, Sukiman,Irma Oktovia, Chandra Purnama, Dedi Hermanto, Hendra Susanto yang menggantikan 11 anggota BPD Periode 2007-2013 yakni Isnul Efendi, Rahmat Ariapati, Norni, Sopian, Hermanto, Djasman, Irma Oktovia, Riyadi, Faizal Rizal, Renty Handayani.
Kepada 11 anggota BPD terpilih diharapkan segera menyusun pranata organisasi, menentukan Ketua dan Sekretaris. Kelengkapan pranata ini penting sebagai dukungan kepada  Pejabat Kepala Desa yang sekarang ini dijabat oleh Kasi Kesejahteraan Sosial Kantor Camat Tanjungpandan, Yasa. Maksimal selama enam bulan terhitung sejak 11 Juli 2013 yang lalu, Pejabat Kades dapat menyelenggarakan pemilihan Kepala Desa Air Saga yang baru menggantikan Kades lama,  Elisnawati.
 
Kehadiran lembaga semacam BPD sangat dibutuhkan dalam menciptakan ketertiban, kenyamaan mengingat Desa Air Saga meruapakan daerah lintasan wisatawan. Dengan demikian makna permusyawaratan itu penting dalam mewujudkan pembangunan di desa. “ Kita tidak mengenal budaya voting, yang perlu dikembangkan justru budaya musyawarah, seperti halnya makna yang terkandung dalam makan bedulang “ ujar Sahani Saleh dalam kata sambutannya. (*Fithrorozi)
Sumber: Kecamatan Tanjungpandan