Selasa, 20 Agustus 2013 21:00

Rangkaian Kegiatan HUT Pramuka ke-52

     Tanjungpandan-Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya. "Pramuka" merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka, yang meliputi; Pramuka Siaga (7-10 tahun), Pramuka Penggalang (11-15 tahun), Pramuka Penegak (16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (21-25 tahun). Kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.
    
    Sedangkan yang dimaksud "Kepramukaan" adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya pembentukan watak, akhlak dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistem pendidikan kepanduan yang disesuaikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakat dan bangsa Indonesia.

     Seperti yang dilakukan di Kabupaten Belitung yaitu kegiatan Pawai Tanglong yang merupakan rangkaian peringatan HUT Pramuka ke-52 yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2013 lalu. Sekitar 70 peserta pawai yang disaksikan oleh Asisten 1 Setda Kabupaten Belitung Hj. B. Maiya Hasibuan, SH harus menempuh rute dari Jalan Ahmad Yani, Jalan Diponegoro, Jalan Sriwijaya, Boulevard Simpang Lima Tanjungpandan dan berakhir di Halaman Gedung Nasional Tanjungpandan. Berbagai kreasi dipamerkan yang terbuat dari kardus, kertas minyak, lampu-lampu dan lain-lain. Barisan tersusun rapi menunjukkan semangat para peserta yang merupakan pelajar Kabupaten Belitung. Peserta yang cukup banyak juga menjadi bukti nyata bahwa kaum pemuda-pemudi Kabupaten Belitung masih mengidam-idamkan jiwa kemandirian, jiwa membangun, kegotong-royongan akhlak dan budi pekerti luhur melalui kegiatan Pramuka,  yang saat ini mulai tergerus zaman.
Sumber: Humas Setda Kab. Belitung