Minggu, 25 Agustus 2013 13:12

Pelatihan Private Network Security (PNS) Box

TANJUNGPANDAN, Sebanyak 30 orang peserta yang berasal dari berbagai SKPD dan Kecamatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung mengikuti Pelatihan Private Network Security (PNS) Box pada tanggal 20-21 Agustus 2013 di Hotel Pondok Impian Tanjungpandan.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Asisten III Bidang Administrasi Setda Belitung Hilman, SH. Dalam sambutan yang dibacakan Asisten III Setda Belitung menyambut baik pelatihan PNS Box dan mengharapkan agar peserta yang mengikuti pelatihan untuk mengikuti dengan sungguh-sungguh agar maksud pelatihan tercapai dengan baik.

PNS Box adalah sistem berbasis “Open-Source” dengan sistem operasi dasar FreeBSD. PNS Box dapat diimplementasi pada jaringan berskala kecil, besar, dan enterprise, dengan beberapa solusi edisi yang berbeda sesuai kebutuhan, antara lain:
- Solusi Pelayanan, Pengaturan, dan Pengamanan Jaringan
- Solusi Proxy, Accelerator, dan Bandwidth Management
- Solusi NMS
- Solusi Pelayanan Aplikasidan Email

Fitur-fitur dalam PNS Box bersifat fleksibel yang dapat diaktif/non-aktifkan sesuai kebutuhan, skala jaringan, dan speksifikasi hardware

PNS Box adalah suatu sistem yang memiliki similaritas dengan sistem lainnya yang dikembangkan oleh komunitas internasional, seperti:
- pfSense (berbasis sistem operasi FreeBSD)
- ShoreWall (berbasis sistem operasi Linux)
- BackTrack (berbasis sistem operasi Linux), Dan lain sebagainya

Narasumber dan instruktur pada pelatihanan berasal dari sub dit infrastruktur dan teknologi direktorat e-Government Kementerian Komunikasi dan Informatika R.I. (AMP)
Sumber: Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kab Belitung