Rabu, 11 September 2013 09:08

WORKSHOP PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP

Tanjungpandan, Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Belitung mengadakan kegiatan Workshop Pengelolaan Lingkungan Hidup bagi masyarakat se-Kecamatan Selat Nasik diikuti oleh 50 (lima puluh) orang peserta yang terdiri dari ibu-ibu Tim Penggerak PKK Kecamatan, PKK Desa, Guru-Guru dan pemuda-pemudi. Acara ini digelar pada tanggal 27 – 28 Agustus 2013, yang bertempat di Aula Kantor Kecamatan Selat Nasik.

Adapun maksud dilaksanakannya acara workshop tersebut adalah agar terciptanya masyarakat dan pemuda yang peduli terhadap pengelolaan lingkungan hidup, supaya bisa mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan di Kabupaten Belitung ini. Kalau semua masyarakat Belitung sudah paham dan mengerti tentang pengelolaan lingkungan hidup, maka sudah bisa dipastikan Kabupaten Belitung akan menjadi Kabupaten yang bersih dan ramah lingkungan.

Tujuan digelarnya acara workshop tersebut adalah :
1. Pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA) yang berwawasan lingkungan.
2. Terciptanya Sistem Pengawasan pemanfaatan SDA berbasis masyarakat.
3. Terciptanya kesepakatan bersama tentang mekanisme pengelolaan dan pengendalian lingkungan hidup daerah.
4. Meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup.
5. Peningkatan Produtifitas SDM desa dengan memanfaatkan waktu luang masyarakat.

Narasumber dari worshop ini adalah Yayasan Kirei Indonesia dan praktisi lingkungan-lingkungan hidup, dengan materi yang lebih menekankan pada Implementasi 3 R dan teknik-teknik penanganan limbah organik sehingga menjadi barang yang bermanfaat untuk masyarakat.
Sumber: Badan Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Belitung