Sabtu, 21 September 2013 14:24

Hari Perhubungan Nasional 2013 Kabupaten Belitung

TANJUNGPANDAN, Apel Bendera dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional 2013 Tingkat Kabupaten Belitung dilaksanakan di Kantor Bupati Belitung, 19/09/2013. Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2013 ini mengambil tema “Melalui Hari Perhubungan Nasional Tahun 2013, Kita Tingkatkan Pembangunan Sektor Transportasi Untuk Memajukan Kesejahteraan Rakyat.”

Pemenuhan pelayanan transportasi merupakan salah satu hak dasar yang warga negara yang harus dipenuhi pemerintah. Kebutuhan pelayanan transportasi dari waktu ke waktu selalu mengalami peningkatan baik secara kualitas maupun kuantitas. Seiring dengan peningkatan kebutuhan pelayanan transportasi ini maka tidak sedikit timbul persoalan di dalam penyelenggaraannya.

Kementerian Perhubungan tidak dapat memenuhi kebutuhan transportasi seluruh lapisan masyarakat dan tidak dapat menyelesaikan seluruh persoalan dalam penyelenggaraannya. Oleh karena itu diperlukan kebersamaan antara operator dan pemangku kepentingan (stakeholder). Melalui kebersamaan diharapkan akan melahirkan semangat dan kedisiplinan serta mampu bersifat lebih peka dan tanggap terhadap fenomena persoalan yang berkembang dengan tetap mengedepankan pada keselamatan, keamanan dan kenyamanan bagi setiap pengguna jasa. Demikian sambutan Menteri Perhubungan Republik Indonesia yang dibacakan Plt. Bupati Belitung Sahani Saleh, S.Sos.

Terbentuknya Hari Perhubungan Nasional (HARHUBNAS) didasari oleh banyaknya hari jadi BUMN dibawah naungan Kementerian Perhubungan. Untuk menyatukan kegiatan dari masing-masing hari jadi tersebut maka ditetapkan satu hari khusus yang disebut sebagai Hari Perhubungan Nasional. Peringatan Hari Perhubungan Nasional dilaksanakan setiap tanggal 17 September. Hal ini sesuai dengan penetapan Menteri Perhubungan yang dituangkan dalam Keputusan Menteri Perhubungan Nomor SK.274/G/1971 tanggal 26 Agustus 1971 tentang Hari Perhubungan (Transportasi dari Komunikasi) Nasional. Sejak Tahun 1988 penyelenggaraan Peringatan HARHUBNAS dilaksanakan dibawah koordinasi Panitia Pusat Peringatan HARHUBNAS yang dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan.

Apel Bendera Peringatan Hari Perhubungan Nasional 2013 diikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung, Bandara Hanandjoedin Tanjungpandan, Adpel Tanjungpandan, BKMG Tanjungpandan, Satpol PP Kabupaten Belitung, Perwakilan SKPD, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Kepala Dinas, Kepala Badan, Kepala Kantor, Kepala Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, PMI Kabupaten Belitung serta undangan lainnya. (AMP)
Sumber: Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kab Belitung