Selasa, 24 September 2013 08:44

Pembukaan Bimbingan Teknis Keuangan Desa

Tanjungpandan - Asisten III Setda Kabupaten Belitung Helman,SH, membuka kegiatan Bimbingan Teknis Keuangan Desa, Selasa (24/09) bertempat di Graha Resto Tanjungpandan. Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan para Sekretaris Desa dan Bendaharawan Desa agar dapat bekerja dengan baik dan benar sesuai dengan Undang-undang yang berlaku.

Dalam laporan ketua panitia pelaksana Asniliati,BA disebutkan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut yaitu, meningkatkan pengetahuan para Sekretaris Desa yang bertindak selaku koordinator Pelaksana  Teknis Pengelolaan Keuangan Desa (PTKD), meningkatkan pengetahuan para Bendahara Desa yang ditunjuk oleh Kepala Desa untuk menerima, menyimpan, menatausahakan, membayarkan dan mempertanggungjawabkan Keuangan Desa dalam rangka pelaksanaan APBDesa serta meningkatkan tertibnya Administrasi Pemerintahan Desa secara baik dan benar sesuai  dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sebanyak 42 Sekretaris Desa dan 42 Bendaharawan mengikuti kegiatan Bimtek tersebut, yang pelaksanaannya terbagi dalam II Angkatan. Angkatan pertama sebanyak 42 orang dan angkatan kedua 42 orang, narasumber kegiatan ini berasal dari Badan pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana, Inspektorat, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah dan Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Belitung.

 Asisten III Setda Kabupaten Belitung Helman,SH dalam sambutannya mengatakan “Pada kesempatan ini belajarlah dengan baik, bertanyalah dengan ahlinya DPPKAD, Inspektorat secara terbuka, jangan malu bertanya. Apabila ada kesulitan dalam pengelolaan keuangan dan mempunyai itikad baik untuk bertanya pasti akan ada jalan keluar. Sesuatu yang telah kita rencanakan walaupun konsepnya sudah lebih baik belum tentu akan berjalan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Akan banyak permasalahan yang muncul dan tentunya memerlukan cara atau jalan keluar untuk memecahkannya, salah satunya jangan malu bertanya kepada yang mengetahui. Jika suatu desa pengelolaan keuangannya tidak baik maka akan menimbulkan hal-hal yang berdampak buruk bagi desa tersebut. Pengetahuan tentang pengelolaan keuangan sesuai dengan Undang-undang yang berlaku  merupakan hal terpenting dalam mencapai apa yang diinginkan pemerintah, supaya tidak menyimpang dan bermasalah dengan hukum yang berlaku “, ujarnya.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Desa se-Kabupaten Belitung serta tamu undangan lainnya.
Sumber: adan pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana Kab. Belitung