Selasa, 24 September 2013 08:47

RUSTAM EFFENDI DILANTIK SEBAGAI GUBERNUR BABEL

Pangkalpinang, H. Rustam Effendi resmi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Gamawan Fauzi sebagai Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. Rustam menggantikan gubernur sebelumnya H. Eko Maulana Ali yang meninggal dunia.

Pelantikan Rustam Effendi sebagai Gubernur Bangka Belitung digelar dalam Rapat Paripurna Istimewa Pelantikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung sisa masa jabatan 2012-2017, Senin (23/9) dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Babel Didid Srigusjaya.

Ketua DPRD Provinsi Bebel dalam  sambutannya mengatakan, Pelantikan ini telah melalui proses konstitusi, diawali dengan Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah pada hari Senin 26 Agustus 2013 dengan Acara Pengambilan Keputusan tentang Usul Pemberhentian Almarhum Eko Maulana Ali sebagai Gubernur Babel masa jabatan 2012-2017, dan dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Pemberhentian H. Rustam Effendi sebagai Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung dan Usul Pengangkatan H. Rustam Effendi sebagai Gubernur Kepulauan Bangka Belitung sisa masa jabatan 2012-2017.

Rapat Paripurna tersebut dilaksanakan berdasarkan Ketentuan Pasal 29 Ayat (1) Ayat (3) Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah serta Ketentuan Pasal 123 Ayat (1) dan Ayat (3) Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Keputusan DPRD tersebut kemudian disampaikan Kepada Presiden Republik Indonesia melalui Menteri Dalam Negeri untuk diproses lebih lanjut. Hal ini dilaksanakan berdasarkan ketentuan Pasal 42 ayat (1) Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, yang mengatakan bahwa salah satu tugas dan wewenang DPRD Provinsi adalah mengusulkan Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah dan/atau wakil Kepala Daerah Kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri.

Hal ini diatur juga dalam ketentuan Pasal 293 Ayat (1) Huruf D Undang-undang Nomor 27 Tahun 2009 Tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD dan Ketentuan Pasal 3 Huruf d Peraturan Pemerintah nomor 16 Tahun 2010 Juncto Pasal 3 Huruf D Peraturan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Bangka Belitung. Pelantikan Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sisa masa jabatan 2012-2017 berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia, Nomor 112/P Tahun 2013, tanggal 22 September 2013.

Sementara Mendagri diawal sambutannya memberikan penghargaan kepada Eko Maulana Ali atas peran sertanya dalam pembangunan di Bangka Belitung maupun di tingkat nasional. "Almarhum telah banyak berjasa kepada negara dengan sederet prestasi yang telah diterimanya ketika masih menjabat. Rasa terima kasih ini juga kami sampaikan kepada istri dan keluarga almarhum," ujar Gamawan.

Menurutnya, dengan telah dilantiknya Rustam Effendi sebagai Gubernur, maka ia mengharapkan agar roda pemerintahan dan program pemerintah daerah Bangka Belitung yang sudah ditetapkan oleh almarhum Eko Maulana Ali dapat diteruskan. "Gubernur yang baru terpilih diharapkan bisa meneruskan kembali program pembangunan yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah yang sudah ditetapkan dan visi misi gubernur sebelumnya," ujarnya.

Gamawan Fauzi juga menyebutkan, Provinsi Bangka Belitung memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan. Selain timah, alam Babel menyediakan bahan tambang lain berupa silikon, monazit dan lain sebagainya. ”Tetapi bahan tambang itu bakal habis. Harus memaksimalkan potensi lain seperti perkebunan karet, sawit dan lada. Lada harganya sudah Rp 90 ribu per kilo. Pariwisata juga diperhatikan", katanya.

Dengan jumlah penduduk baru 1,2 juta jiwa, masih mudah menata Pulau Bangka dan Pulau Belitung yang dikelilingi lautan samudera. Selain itu, Indeks Prestasi Manusia (IPM) Babel masuk 12 nasional dan jumlah orang miskin masih sedikit sehingga jarang ada demonstrasi. Angka kemiskinan rata-rata nasional 11,6 persen, sedangkan Babel 5,7 persen.

Turut hadir dalam Rapat Paripurna Istimewa, Ketua Umum Tim Penggerak PKK, Hj. Vita Nova Gamawan Fauzi, anggota DPRD Provinsi Babel, Anggota DPD dan DPR RI Dapil Provinsi Babel, Sekda Provinsi Babel, Imam Mardi Nugroho, Istri almarhum Eko Maulana Ali, Noerhari Astuti, FKPD, Pejabat Eselon di lingkungan Provinsi Babel, serta segenap undangan lainnya.
Sumber: Provinsi Kepulauan Bangka Belitung