Jum'at, 18 Oktober 2013 22:13

PEMBUKAAN KEGIATAN SOSIALISASI PENINGKATAN PELAYANAN AKTA CATATAN SIPIL TAHUN ANGGARAN 2013

Tanjungpandan - Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Sosial, Drs. Haziarto mewakili Plt. Bupati Belitung hadir dan membuka Kegiatan Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Akta Catatan Sipil Tahun Anggaran 2013, yang diselenggarkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung, bertempat di Gedung Nasional pada hari Kamis, (17/10).

Ketua panitia pelaksana Hartini Usman, S. IP, dalam laporannya menyampaikan bahwa salah satu dasar dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dan bertujuan untuk meningkatkan tertib administrasi dalam pelaksanaan dan pelayanan dokumen kependudukan dan akta catatan sipil kepada warga masyarakat di Kabupaten Belitung meliputi kegiatan penataan dan penertiban dokumen kependudukan.

Hartini mengatakan bahwa peserta kegiatan berasal dari Sekretaris Camat, Kasi Pemerintahan, Perangkat Desa/ Kelurahan, Bidan Desa, dan Ketua RT se- Kabupaten Belitung yang berjumlah ± 900 peserta dengan rincian; Kecamatan Tanjungpandan ±481 Orang, Kecamatan Membalong ±198 Orang, Kecamatan Badau ±86 Orang, Kecamatan Sijuk ± 81 Orang, dan Kecamatan Selat Nasik ± 52 Orang.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung, Dra. Hotmaria Ida dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa kegiatan tersebut, memiliki pesan moral yang terkandung yakni setiap kegiatan pencatatan sipil yang sudah-sudah harus terus ditingkatkan. Kemudian Hotmaria mengungkapkan menurut catatan dari UNESCO PBB, untuk pencatatan kelahiran khususnya anak Indonesia masih sangat rendah yakni hanya ada 23% pencatatan yang baik, sehingga diharapkan melalui pencatatan yang benar maka 100 anak bisa diketahui silsilah keluarganya.

Plt. Bupati Belitung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Sosial, Drs. Haziarto menyampaikan apresiasi karena Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung sebagai penyelenggara kegiatan yang memberikan kontribusi secara langsung kepada para peserta. Semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan tertib dan lancar sesuai dengan tujuan yang hendak diwujudkan.

Ditambahkan oleh Haziarto, saat ini perbaikan dan peningkatan pelayanan disetiap sektor Pemerintahan khususnya yang bersinggungan langsung dengan publik yakni masyarakat terus dilakukan, baik ditingkat Pusat maupun Daerah di seluruh Indonesia. Hal tersebut, sejalan pula dengan agenda Pemerintah Pusat dalam rangka menuju ketata kelola Pemerintahan yang baik (good governance), melalui peningkatan pelayanan publik. Dewasa ini, pelayanan publik menjadi isu strategis karena kualitas kinerja birokrasi pelayanan publik memiliki implikasi luas pada berbagai aspek kehidupan masyarakat dan tumbuhnya kepercayaan (trust) dan legitimasi terhadap Pemerintah sehingga mendorong partisipasi masyarakat.

Kemudian diakhir sambutannya, Drs. Haziarto berharap agar para peserta bisa melayani masyarakat dengan penuh kesantunan sehingga mereka mau mencatatkan dirinya dicatatan sipil.

Kegiatan tersebut, dihadiri pula oleh Unsur Forkominda Kabupaten Belitung, Kepala Dinas/ Instansi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, dan undangan lainnya.
Sumber: Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung