Rabu, 23 Oktober 2013 04:17

SOSIALISASI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN TENTANG AIR TANAH

Tanjungpandan, Bagian Hukum Setda Kabupaten Belitung menggelar kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan tentang Air Tanah yang dilaksanakan pada Sabtu, (17/10) di Hotel Bahamas Tanjungpandan. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Plt. Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos dengan dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, B. Maiya Hasibuan, SH, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Sosial, Drs. Haziarto, Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Belitung atau yang mewakili, para peserta yang terdiri dari pelaku usaha, masyarakat, Instansi/Badan Hukum, aparat di lingkungan Pemkab Belitung bidang air tanah, serta undangan lainnya.

Dalam laporannya Ketua Panitia Pelaksana, Imam Fadli, SH mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah dalam rangka memberikan pengetahuan, pemahaman, dan pembinaan kepada masyarakat, khususnya pelaku usaha dan instansi selaku wajib pajak bidang air tanah.
”Materi dalam sosialisasi ini disampaikan oleh Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Belitung terkait Pengelolaan dan Perizinan Air Tanah, dan DPPKAD Kabupaten Belitung terkait Pajak Daerah”, kata Imam.

Sementara Plt. Bupati Belitung, Sahani Saleh dalam sambutannya mengatakan, air merupakan sumber daya alam yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup semua mahluk hidup di muka bumi ini, karena air memberikan manfaat untuk mewujudkan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia dalam segala bidang. Oleh karenanya, anugerah ini harus terus kita jaga dengan sebaik-baiknya, karena air merupakan kebutuhan vital dalam kehidupan.

”Untuk mengatasi adanya ketidakseimbangan antara ketersediaan air yang cenderung menurun dan kebutuhan air yang semakin meningkat, tentunya sumber daya air wajib dikelola dengan memperhatikan fungsi sosial, lingkungan hidup dan ekonomi secara selaras. Pengelolaan sumber daya air perlu diarahkan untuk mewujudkan sinergi dan keterpaduan yang harmonis antar wilayah, antar sektor, dan antar generasi”, jelasnya.

Diakhir sambutannya, Sahani berharap semoga sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman yang luas bagi pemanfaatan sumber daya air bawah tanah, sehingga pada akhirnya nanti pelaku usaha/instansi dapat memberikan kontribusi untuk membantu pemerintah dalam penyediaan air tanah.

Sumber: Bagian Hukum Setda Kab. Belitung