Jum'at, 1 November 2013 09:29

PEMBUKAAN ACARA SOSIALISASI KELOMPOK PENERIMA BANTUAN PENGEMBANGAN USAHA MINA PERDESAAN (PUMP) PERIKANAN TANGKAP TAHUN 2013

Tanjungpandan - Plt. Sekda Kabupaten Belitung Ir. Arpani, mewakili Bupati Belitung membuka acara Sosialisasi Kelompok Penerima Bantuan Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) Perikanan Tangkap Tahun 2013, Kamis (31/10) 2013, yang bertempat di Gedung Aula Taman Hiburan Keramik Tanjungpandan. Sebanyak 15 kelompok nelayan yang berasal dari 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Tanjungpandan, Kecamatan Sijuk dan Kecamatan Membalong mengikuti sosialisasi ini.

Dalam kesempatan ini Ketua Pokja PUMP Perikanan Tangkap Dr. Lilik Soeprijadi, A. pi, MM mengatakan, pemberian bantuan ini bertujuan supaya nelayan-nelayan yang ada di Kabupaten Belitung tertata dengan baik dan bisa mandiri. “Saya berharap bapak-bapak semua yang menerima bantuan tersebut bisa mengikuti aturan atau pedoman yang diberikan oleh pemerintah, supaya pemberian bantuan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar” ujar Dr. Lilik. Setiap kelompok nelayan akan diberikan buku  tabungan yang berjumlah seratus juta rupiah. Total bantuan yang akan diberikan kepada semua kelompok nelayan sebesar satu setengah miliyar rupiah. “Jadi saya mohon bapak-bapak mulai sekarang pola pikirnya sudah mulai berubah, pada saat tidak musim ikan bapak-bapak semua mempunyai usaha lain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari” lanjutnya.

Bupati Belitung dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt. Sekda Kabupaten Belitung, Ir. Arpani mengatakan, kiranya hal ini benar-benar dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta, sekaligus dapat motivasi serta inspirasi untuk mengembangkan pola pemberdayaan masyarakat dalam artian yang seluas-luasnya. “Saya berharap kepada seluruh Dinas/Instansi terkait dan kelompok masyarakat yang peduli, agar dapat terus melakukan kerjasama yang baik dalam membantu suksesnya program pemberdayaan ini, mulai dari pembinaan, hingga proses pendampingan sehingga hal-hal yang diharapkan benar-benar dapat terealisasi dengan jelas dan tepat sasaran serta berkesinambungan” ujar Arpani. Bagi Kelompok Usaha Bersama (KUB) perikanan tangkap yang nantinya diberikan bantuan agar dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya untuk pengembangan usaha.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Camat Tanjungpandan, perwakilan Kepala Cabang Bank BRI Tanjungpandan, beserta tamu undangan lainnya.
Sumber: Pokja PUMP Perikanan Tangkap