Rabu, 13 November 2013 00:00

Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Belitung

TANJUNGPANDAN, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung, Selasa 12 November 2013 bertempat di Hotel Pondok Impian Tanjungpandan menyelenggarakan Sosialisasi dan Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Belitung.
 
Maksud dari sosialisasi dan pembentukan KIM adalah membentuk suatu kelompok informasi masyarakat yang dapat menyampaikan informasi secara riil dan akurat. Selain itu diharapkan terbentuknya suatu Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai agen informasi yang berperan aktif mendistribusikan informasi yang perlu diketahui oleh masyarakat, sehingga masyarakat dapat melakukan langkah antisipatif yang bermanfaat untuk menopang aktivitas mereka.
 
Tujuan dari sosialisasi dan pembentukan KIM ini adalah:
- Kelompok Informasi masyarakat (KIM) sebagai mitra kerja pemerintah dalam menyampaikan informasi dan komunikasi kepada masyarakat.
- Kelompok Informasi masyarakat (KIM) sebagai mediator komunikasi dan informasi dari pemerintah untuk masyarakat dan sebaliknya secara berkesinambungan.
- Kelompok Informasi masyarakat (KIM) sebagai penerima, penyebar informasi yang berinteraksi sesama anggota masyarakat guna meningkatkan tingkat kesejahteraannya.
 
Kelompok Informasi Masyarakat mempunyai tugas diantaranya:
- Mewujudkan masyarakat yang aktif, peduli, peka dan memahami informasi.
- Memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat.
- Mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya.
- Menghubungkan satu kelompok masyarakat dengan kelompok yang lainnya untuk mewujudkan kebersamaan, kesatuan dan persatuan bangsa.
Kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan KIM dibuka oleh Bupati Belitung yang diwakili Staf Ahli Bupati Belitung Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Sosial Drs. Haziarto dan dihadiri oleh undangan dari berbagai SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung.
 
Peserta Sosialisasi dan Pembentukan KIM ini adalah Kelompok Masyarakat di lingkungan Kabupaten Belitung sebanyak 50 orang yang merupakan pengurus kelompok masyarakat yang terdiri dari:
- Gabungan Kelompok Tani
- Kelompok Nelayan
- Lembaga Adat
- Lembaga Pemberdayaan Masyarakat
- Karang Taruna
- Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM)
- Kelompok Gotong- Royong Kebersihan Lingkungan,
- Kelompok Budi Daya ikan Lele
- Kelompok Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan
- Kelompok Peduli Lingkungan Belitung (KPLB)
- “ARSEL COMMUNITY”
- Kelompok “GUROK BERAYE”
 
Narasumber Sosialisasi dan Pembentukan KIM Tenaga Ahli dari Badan Litbang dan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Dr. James Pardede, MM dengan materi Strategi Pemberdayaan dan Pengembangan KIM.
 
Kegiatan Sosialisasi dan Pembentukan KIM Kabupaten Belitung selain penyampaian materi juga dilakukan simulasi dari peserta terkait didalam menghadapi permasalahan yang ditemui di masyarakat dengan melakukan diskusi dan penyampaian hasil diskusi berikut penyampaian tindakan dan hal yang harus dilakukan dalam menyelesaikan masalah yang terjadi. (AMP)
Sumber: Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kab. Belitung