Jum'at, 15 November 2013 08:00

Plt. Bupati Belitung H. Sahani Saleh,S.Sos Lantik Kepala Desa Perawas Terpilih

Tanjungpandan - Plt. Bupati Belitung H.Sahani Saleh,S.Sos melantik Kepala Desa Perawas terpilih Zulfikar, menggantikan Kepala Desa lama Arzano untuk periode 2013-2019, Kamis (14/11) bertempat di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Tanjungpandan.

 

H Sahani Saleh,S.Sos dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Kepala desa yang baru dan untuk Kepala Desa yang lama terima kasih atas pelaksanaan tugas dan pengabdiannya. Kepala Desa selaku pemimpin harus melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, supaya pembangunan di Kabupaten Belitung ini merata serta menimbulkan feed back yang positif. Sahani berharap untuk semua Kepala desa yang ada di Kabupaten Belitung, jika di daerahnya terdapat tempat hiburan malam (Kafe) yang banyak memberikan dampak negatif bagi masyarakat, untuk tidak melanjutkan perpanjangan izin supaya daerah  bersih dari segala aktifitas yang berbau maksiat.

 

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa ada tiga hal yang merupakan faktor penting pendukung kemajuan serta keberhasilan Kepala desa dalam melaksanakan tugas dan pembangunannya. Pertama dukungan masyarakat terhadap Kepala desa, sudah menjadi suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat desa secara bersama-sama. Kepala desa juga memiliki peran sebagai penggerak, pemimpin sekaligus pengarah dan bukan merupakan pelaku tunggal pembangunan desa. Tanpa dukungan dari seluruh komponen masyarakat desa, keberhasilan pembangunan desa akan sulit dicapai. Bentuk dukungan tersebut salah satunya melalui peran serta aktif masyarakat desa, misalnya melalui kegiatan gotong royong memelihara kebersihan serta keindahan desa dan dengan melakukan pengembangan potensi ekonomi yang ada di desa, sehingga muncul swadaya murni masyarakat desa yang menjadi indikator utama dari keberhasilan pembangunan desa.

 

Kedua, kerjasama dan sinergi yang baik antar lembaga serta elemen yang ada di desa, baik antara Kepala desa dengan BPD dan LPM, maupun antara Kepala desa dengan Sekretaris desa, Kepala Urusan, Kepala Dusun, Ketua RW dan Ketua RT. Kerjasama ini penting untuk dijalani secara baik dan harmonis, karena kepemimpinan pemerintahan merupakan hal yang bersifat kolektif satu sama lain saling mendukung, tentunya harus sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Perundang-Undangan. Tanpa adanya kerjasama, masing-masing akan berjalan sendiri, sehingga rawan terjadinya konflik.

 

Ketiga, perlu ada kreatifitas dan inovasi Kepala desa dalam mencari dan memanfaatkan sumber daya yang ada di  desa, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Pendapatan Asli Desa (PADes), melalui usaha ekonomi produktif berkelanjutan yang ramah lingkungan. Kreatifitas dan inovasi ini penting agar Pemerintah desa tidak hanya terpaku dengan Alokasi Dana Desa (ADD) yang diberikan Pemerintah Kabupaten, namun diharapkan agar pembangunan di desa akan terus berjalan dari pelaksanaan hal di maksud. Dari ketiga faktor tersebut, saya mengajak seluruh masyarakat desa Perawas untuk memberikan dukungan dan partisipasi aktif kepada Kepala desa terpilih, meningkatkan gotong royong, mengembangkan potensi ekonomi dan seni budaya Desa, serta berikan sumbangan berupa saran dan kritikan demi membangun kemajuan desa, ucap  Sahani.

 

Kepada Kepala desa terpilih saya minta agar bisa melaksanakan tugas dengan baik sesuai Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku, menjalin kerjasama yang harmonis dengan semua elemen pemerintahan desa, serta meningkatkan kreatifitas dan inovasi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Pendapatan Asli Desa (PADes).

 

Hadir pada pelantikan tersebut Anggota DPRD Kabupaten Belitung Taufik Rizani, unsur Forkominda Kabupaten Belitung, Kepala SKPD se-Kabupaten Belitung serta tamu undangan lainnya.

Sumber: Bagian Tata Pemerintahan Setda Kab. Belitung