Minggu, 1 Desember 2013 09:00

WISUDA SANTRI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN (TPA) KE-XXII SE-KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan – Plt. Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S. Sos membuka Acara Wisuda Santri TPA se-Kabupaten Belitung yang ke-XXII sekaligus me-wisuda Santriawan dan Santriwati TPA, Minggu (01/12) 2013, bertempat di Pantai Wisata Tanjungpendam. Acara ini diselenggarakan oleh Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Taman Kanak-Kanak Al-Quran (LPPTKA) yang bekerjasama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI). Acara tersebut diikuti oleh 1025 Santri TPA yang terdiri dari 5 Kecamatan yang ada di Kabupaten Belitung.

Direktur Daerah LPPTKA-BKPRMI Kabupaten Belitung, Subandi dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan wisuda santri TPA yang diselenggarakan tiap tahun ini mengalami peningkatan dalam jumlah santrinya. “Sebenarnya jumlah santri yang mengikuti awal dari ujian Monaqosyah ini sebelumnya 1097 santri, namun setelah dilakukan pengujian hanya 1025 santri yang lulus” ujar Subandi. Ke depan pihaknya berharap penuh agar piagam santri kelulusan TPA ini bisa diperhitungkan untuk persyaratan masuk di pendidikan formal yang ada di Kabupaten Belitung.

Lebih lanjut dikatakan oleh Subandi, adanya kelulusan bagi para santri TPA ini bisa diatur dalam keputusan Bupati. Dengan begitu, jika ingin masuk ke pendidikan tingkat SMP/MTS yang ada di Kabupaten Belitung para siswa wajib mencantumkan piagam wisuda tersebut. “Kami semua mengharapkan keberadaan TPA mampu untuk memberikan kontribusi nyata guna meningkatkan mutu SDM yang ada di Kabupaten Belitung ini. Dan kami juga berharap Pemerintah Daerah juga bisa lebih memperhatikan tenaga pendidik TPA yang ada di Kabupaten Belitung” lanjutnya.

Plt. Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S. Sos dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasinya kepada para panitia yang telah menyelenggarakan wisuda pada hari ini. Dalam sambutannya Plt. Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S. Sos mengatakan pendidikan yang wajib untuk dimiliki setiap individu, tidak hanya diperoleh melalui jalur sekolah formal saja, namun harus diimbangi oleh pendidikan keagamaan sejak usia dini yang diperoleh dari jalur non formal seperti Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). “Selain itu, pendidikan keagamaan bagi anak berperan sangat penting sebagai pegangan hidup dalam menghadapi zaman yang terus berkembang menuju era globalisasi” ujar Sahani. Oleh sebab itu, peran aktif dari keluarga dan lingkungan harus terus ditingkatkan, salah satunya dengan menyekolahkan anak-anak mereka di Taman Pendidikan Keagamaan yang ada.

Dalam kesempatan yang sama Plt. Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S. Sos juga mengatakan Pemerintah Daerah akan terus mendukung perkembangan dari Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) yang ada, sehingga bisa dicetak Sumber Daya Manusia yang berkualitas bisa terwujud dengan baik, guna mencetak generasi muda penerus estafet kepemimpinan di Kabupaten Belitung ini. “Saya berharap dengan adanya wisuda ini, para pendidik Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dapat terus meningkatkan kualitas dari ilmu yang disampaikan kepada para santri, sehingga para santri memiliki pemahaman tentang agama Islam yang baik dan memiliki kemampuan dalam mengenal serta membaca Al- Qur’an dengan benar” lanjutnya.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan DPRD Kabupaten Belitung, jajaran Forkopimda Kabupaten Belitung, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung, perwakilan MUI Kabupaten Belitung beserta tamu undangan lainnya.


DAFTAR 10 SANTRI TERBAIK MUNAQOSYAH TPA KABUPATEN BELITUNG
1. Nur Azizah dari TPA Faturrohman Desa Air Saga
2. Annisa Hakim dari TPA Faturrohman Desa Air Saga
3. Wiwin Ayu Nurbaindah dari TPA Faturrohman Desa Air Saga
4. Selvita Azkiyah dari TPA Faturrohman Desa Air Saga
5. Mayla Tri Hira dari TPA Faturrohman Desa Air Saga
6. Savira Khoirunisa dari TPA Faturrohman Desa Air Saga
7. Nadia Firanti dari TPA Mazro’atul Ulum Dusun Munsang
8. Puji Lestari dari TPA Nurul Huda Desa Badau
9. Anisa Dwi Tantia dari TPA Faturrohman Desa Air Saga
10. Syinta Agustri dari TPA Faturrohman Desa Air Saga


PEMENANG PAWAI TAARUF (RUTE GEDUNG NASIONAL-TANJUNGPANDAN, 1 DESEMBER 2013)
1. TPA Baiturahman Tungkup
2. TPA Nurul Islam Jalan Mat Yasin
3. TPA Al Mukmin Sungai Samak
4. TPA Fathul Qorib Jalan Lettu Mad Daud
5. TPA Quraniyah Aik Malik
6. TPA Al Jihad Aik Mungkui


TOKOH YANG BERPERAN DALAM MENUNTASKAN BUTA AKSARA
1. Anwar DM (Tokoh Agama)
2. Ucu Sibromisli (Tokoh Agama)
3. Ishak Zainudin (Tokoh Masyarakat)
4.  Jamil (Tokoh Agama)


 

Sumber: LPPTKA dan BKPRMI Kab. Belitung