Rabu, 4 Desember 2013 17:00

AKPER PEMKAB BELITUNG WISUDA 59 MAHASISWA

Tanjungpandan – Plt. Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S. Sos melantik Wisudawan dan Wisudawati AKPER Pemerintah Kabupaten Belitung Angkatan X (Sepuluh), Rabu (04/12) 2013, bertempat di Gedung Serba Guna Pemkab Belitung. Acara tersebut dihadiri jajaran Forkominda Kabupaten Belitung, perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung, perwakilan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Belitung, perwakilan Direktur BLUD RSUD Kabupaten Belitung, perwakilan Bank Muamalat Syariah, beserta tamu undangan lainnya.

Direktur AKPER Pemkab. Belitung, Joko Sarjono, SKM dalam sambutannya mengatakan jumlah mahasiswa tingkat akhir yang memenuhi syarat akademik maupun administrasi untuk mengikuti Ujian Akhir Program berjumlah 78 orang. Namun dari seluruh rangkaian Ujian Akhir Program (yaitu ujian Praktek dan Ujian sidang Karya Tulis Ilmiah) tersebut, dari 78 orang yang mengikuti UAP ini, sebanyak 59 orang dinyatakan lulus. “59 lulusan ini adalah bagian dari mahasiswa angkatan tahun 2010 dan sebelumnya yang lulus pada bulan Juli 2013 dan menerima pemutihan ujian kompetensi” ujar Joko Sarjono. Sedangkan sisanya kurang lebih sebanyak 33 orang lagi, sedang dalam proses menunggu hasil uji kompetensi yang dilaksanakan oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia atau (MTKI), karena mulai tahun 2013, mahasiswa yang sudah lulus Ujian Akhir Program setelah yudisium, untuk mendapatkan ijazah masih diwajibkan mengikuti Uji Kompetensi yang diselenggarakan oleh MTKI tersebut, yang waktu pelaksanaannya dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Plt. Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S. Sos dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para wisudawan/wisudawati yang telah dilantik dan disumpah pada hari ini, semoga setiap ilmu yang telah diperoleh selama ini, bisa diimplementasikan dengan sebaik-baiknya dalam dunia kerja yang menanti. Di Indonesia, angka pengangguran terus meningkat setiap tahunnya terutama bagi angkatan kerja dengan lulusan Diploma II maupun Sarjana. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) RI mencatat, pada Agustus 2013 jumlah Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) mencapai 6,25%. “Untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia khususnya di Kabupaten Belitung, Pemerintah Daerah melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Kabupaten Belitung, selama Tahun 2012-2013 telah melakukan berbagai upaya nyata, salah satunya dengan melakukan kegiatan fasilitasi terkait penyaluran tenaga kerja” ujar Sahani.

Dalam kesempatan tersebut Plt. Bupati Belitung juga mengatakan, melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, dan Koperasi sejak Tahun 2007 juga melakukan pembinaan dan pengembangan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), yang terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, tercatat pada Tahun 2012 sebanyak kurang lebih 2.700 UMKM telah diberdayakan dan terjadi peningkatan sebanyak 200 lebih UMKM dari Tahun 2011 sebesar kurang lebih 2.500 UMKM. Tentunya, sektor UMKM perlu dikembangkan agar tenaga kerja yang memiliki keterampilan disektor informal bisa berwirausaha dan membuka lowongan pekerjaan sendiri. “Besar harapan saya melalui wisuda ini, para lulusan yang dihasilkan merupakan lulusan yang berkualitas, dengan ilmu pengetahuan dan keahlian dibidang kesehatan, sehingga memiliki modal kuat untuk bisa berkompetisi dengan lulusan dari Akademi dan Perguruan Tinggi lain di Indonesia guna memperoleh kehidupan yang layak dan sejahtera” lanjutnya.

Sumber: Akademi Keperawatan Pemkab. Belitung