Senin, 9 Desember 2013 16:00

Pembukaan Kegiatan Seminar Coporate Social Responsibility (CSR) dan Pembinaan Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL)

Tanjungpandan- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA)  Kabupaten Belitung mengadakan Kegiatan Seminar Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pembinaan Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), Senin (9/12), bertempat di Aula Kantor BAPPEDA Tanjungpandan. Peserta dari kegiatan tersebut berasal dari BUMN, BUMD, perusahaan swasta yang bergerak di berbagai sektor dan lain-lain.

 

Dalam sambutannya, Ir Hermanto, Kepala BAPPEDA Kabupaten Belitung mengatakan ” Kesempatan ini kita gunakan sebaik-baiknya untuk mensinergikan para pelaku usaha, pemerintah dan masyarakat. Sebagai contoh saat ini PT Timah sudah mengalokasikan dana CSR untuk merenovasi rumah tidak layak huni di Kabupaten Belitung, akan tetapi database PT Timah untuk rumah yang akan direnovasi berbeda dengan database pemerintah ataupun perusahaan lainnya. Hal inilah perlu kita koordinasikan supaya database tersebut sama dan memudahkan kita memilih yang harus diprioritaskan terlebih dahulu sehingga program tersebut bisa berjalan secara optimal.

 

Kami berharap seluruh unsur bisa bersinergi dan kami berterima kasih sekali kepada pihak yang menyambut baik program CSR dan telah mengadakan beberapa pelatihan seperti pelatihan pewter, jaringan dan internet, pengolahan batu mulia yang dilakukan PT Timah, Pelindo dan Telkom. Tiap tahunnya kita mendapatkan sekitar 4000 usulan dari Musrenbang akan tetapi kita hanya mampu  merealisasikan sekitar 2000 usulan. Untuk itu program CSR sangat diperlukan untuk membantu merealisasikan usulan-usulan yang tidak tertampung tersebut dalam pembangunan Kabupaten Belitung ini ”.

 

Sementara itu dalam sambutan Bupati Belitung yang dibacakan Assisten I Setda Kabupaten Belitung Hj. B. Maiya Hasibuan,SH menjelaskan ” Upaya dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan baik di pusat maupun di Daerah, bukan hanya tanggung jawab Pemerintah, namun lebih jauh para pelaku usaha yang terlibat didalam proses pembangunan, memiliki peran dan kewajiban secara bersama untuk mengupayakan program-program yang berkaitan dengan penanggulangan kemiskinan masyarakat, khususnya yang berada di lokasi usaha.

 

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa Bentuk upaya yang harus dilaksanakan oleh para pelaku usaha, salah satunya melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Pembinaan Kemitraan dan Bina lingkungan (PKBL). Program Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan sesuai dengan kemampuan perusahaan bersangkutan, sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar. Bentuk tanggung jawab tersebut bermacam-macam, mulai dari melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/ fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak.

 

Sedangkan Pembinaan Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) merupakan salah satu bentuk dari implementasi CSR. Namun pada prakteknya, PKBL lebih banyak berfokus pada pemberian pinjaman ataupun mikro-kredit pada pengusaha kecil yang potensial, misalnya, pemberian dana pinjaman pada komunitas pengrajin kulit, dan lain-lain. saya berharap agar sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Daerah maupun para pelaku usaha yang ada di Kabupaten Belitung bisa terjalin dengan baik, agar dihasilkan persepsi dan pemahaman yang sama sebagai upaya mempercepat penanggulangan kemiskinan, melalui keterpaduan program pembangunan di Kabupaten Belitun,” ujar Maiya.

 

Melalui Gerakan Prakarsa Masyarakat Membangun Indonesia Sejahtera (Gema MITRA), peran dan pelaksanaan CSR dan Pembinaan Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) di Kabupaten Belitung, bisa berjalan dengan baik dan sesuai aturan yang ada, sehingga mampu mempercepat upaya penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Belitung tercinta ”, tandasnya, lebih lanjut.

 

 

Sumber: Bappeda Kabupaten Belitung