Sabtu, 11 Januari 2014 14:00

PEMBUKAAN FESTIVAL ANAK SHOLEH INDONESIA (FASI) IV SE-KABUPATEN BELITUNG TAHUN 2014

Tanjungpandan – Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani membuka acara Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) IV se-Kabupaten Belitung tahun 2014, Sabtu (11/1) 2014, bertempat di kampus Akademi Manajemen Belitung (AMB). Kegiatan yang diselenggarakan Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (LPPTKA - BKPRMI) Kabupaten Belitung ini akan berlangsung selama dua hari, yakni Sabtu (11/1) dan Minggu (12/1). Ada 13 jenis cabang lomba yang akan diperlombakan di acara FASI IV ini, yaitu kaligrafi, ikrar dan lagu-lagu islami, tartil Al-Qur’an, tilawah, hafalan Juz Amma, peragaan sholat, menggambar, ceramah agama islam, adzan dan iqomah, cerdas cermat Al-Qur’an, kisah islami, terjemah lafdziah, dan mewarnai.

 

Ketua panitia pelaksana FASI IV Kabupaten Belitung tahun 2014, Amir Saripudin mengatakan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan FASI IV Kabupaten Belitung ini berjumlah 400 orang yang terdiri dari 3 kategori, yaitu TKA sebanyak 35 orang peserta, TPA 332 orang peserta, dan TQA sebanyak 37 orang peserta. Para peserta berasal dari hasil seleksi di 50 Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) yang ada di setiap kecamatan di  Kabupaten Belitung ini. “Hasil seleksi FASI IV Kabupaten Belitung tahun 2014 ini, akan kita kirimkan keseleksi FASI tingkat provinsi yang akan diselenggarakan pada bulan Februari 2014 mendatang. Jika memenuhi syarat maka akan dikirim ke tingkat nasional pada bulan Juni 2014” ujar Amir.

 

Pada kesempatan ini Ketua Dirda LPPTKA-BKPRMI Belitung, Subandi, S.Pd mengatakan kegiatan FASI IV Kabupaten Belitung ini merupakan kegiatan rutin yang selalu diadakan 3 tahun sekali. “Saya bersyukur karena prestasi santri kita membanggakan, baik di tingkat Kabupaten Belitung maupun di tingkat Provinsi ataupun Nasional. Kami juga berharap pada tahun 2014 ini, ada santri kita yang akan mewakili provinsi ke tingkat nasional” ujar Subandi.

 

Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani dalam sambutannya mengatakan, para orang tua tentunya sangat mendambakan hadirnya anak-anak yang sholeh, cerdas, serta berguna bagi nusa dan bangsa. Harapan ini tidak akan datang begitu saja, harus ada usaha positif yang kita lakukan, baik melalui jalur formal maupun informal. Dan satu dari sekian jenis pendidikan itu adalah pendidikan agama, karena pendidikan agama merupakan dasar dan acuan anak-anak agar menjadi orang-orang yang berbudi pekerti yang baik. Ketika anak-anak berada didalam kandungan ibu kalian, orang tua kalian, ayah dan ibu kalian selalu berdoa kepada Allah agar diberikan anak-anak yang sholeh dan juga sholeha. “ Untuk itu saya berpesan kepada anak-anak, janganlah sia-siakan ataupun mengecewakan kedua orang tua kalian. Buatlah mereka bangga dan bahagia memiliki anak-anak yang cerdas dan membanggakan” ujar Erwandi. “Saya berterima kasih kepada bapak-bapak dan ibu-ibu yang terlibat dan berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan ini. Anak adalah harta yang tidak ternilai harganya, jadi didiklah dengan baik dan benar” lanjut Erwandi.

 

Acara ini dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Belitung, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Belitung, Direktur Akademi Manajemen Belitung, Kepala Kantor Agama Kabupaten Belitung, Kabag Kesra, Ketua MUI Kabupaten Belitung, perwakilan KNPI, Kepala TPA se-Kabupaten Belitung beserta tamu undangan lainnya.

Sumber: LPPTKA - BKPRMI Kabupaten Belitung