Senin, 13 Januari 2014 09:00

BUPATI BELITUNG PIMPIN UPACARA BULANAN DI LINGKUNGAN PEMKAB. BELITUNG

Tanjungpandan - Upacara bulanan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Belitung, pada hari Senin (13/14) diikuti secara hikmat oleh Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani, Plt. Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kabag, Kepala Badan/ Dinas/Instansi, serta Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung.

 

Dalam sambutannya dihadapan peserta upacara, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos menyampaikan beberapa point penting antara lain terkait telah dilaksanakannya penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) kepada Pengguna Anggaran untuk Tahun Anggaran 2014, diharapkan agar semua pihak dapat merubah pola pengeluaran anggaran supaya tidak menumpuk di akhir tahun. Pengeluaran anggaran agar bisa lebih proporsional pada setiap triwulan. Dengan demikian peran APBD dalam memberikan stimulus bagi perekonomian dapat berjalan secara proporsional sepanjang tahun anggaran.

 

Sahani mengatakan, ”Kita patut bersyukur pada Tahun Anggaran 2014 ini, penerbitan dan penyerahan DPA dapat dilaksanakan lebih awal, sehingga kegiatan APBD sudah dapat kita laksanakan sejak awal tahun anggaran. Namun demikian, penyerahan DPA hanyalah titik tolak, sebab cepat atau lambat realisasi kegiatan APBD kembali kepada kinerja masing-masing SKPD. Pengalaman selama ini menunjukkan, kegiatan APBD seringkali menumpuk di akhir tahun anggaran, yang berdampak pada kualitas realisasi APBD”.

 

Terkait isu mengenai pelaksanaan resuffle pejabat di lingkungan Pemkab Belitung, Sahani membenarkan hal tersebut dan menegaskan bahwa bersama tim Baperjakat setiap pejabat akan ditempatkan sesuai dengan proporsi individu. ”Jadi jangan ada yang datang untuk minta-minta jabatan baik kepada Bupati atau Wakil Bupati, haram hukumnya”, tegasnya.

 

Lebih lanjut, Bupati juga menyinggung agara setiap pegawai dapat terus meningkatkan  kinerja dan disiplin yang dimulai dengan mengikuti kegiatan apel pagi, namun yang  harus diperhatikan adalah waktu datang dan pulang bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku serta produktifitas pada jam-jam efektif bekerja. Hal ini penting menjadi perhatian sebab setiap saat masyarakat senantiasa mengontrol dan memberikan penilaian terhadap kinerja PNS serta pencitraan birokrasi pemerintah secara luas dalam mengawal reformasi birokrasi. Apalagi pada tahun ini, Pemerintah Kabupaten Belitung akan meningkatkan pemenuhan hak pegawai dengan disahkannya Peraturan Bupati tentang kenaikan Tunjangan Beban Kerja (TBK), hal ini tentunya harus diimbangi pula dengan peningkatan disiplin dan kinerja pegawai.

 

Diakhir sambutan, Sahani meminta agar para PNS semakin mengedepankan etos kerja, yakni kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas serta loyalitas yang tinggi dalam penanganan mekanisme administrasi pemerintahan, pembangunan serta pengelolaan administrasi keuangan yang semakin baik, transparan, akuntabel yang bermuara pada good goverment dan clean goverment. Teruslah berupaya untuk melakukan program dan kegiatan secara cepat, tepat, dan benar sesuai dengan mekanisme aturan yang berlaku. (dini)

 

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung