Rabu, 15 Januari 2014 16:00

PENANDATANGANAN PRASASTI OLEH BUPATI BELITUNG TANDAI PERESMIAN GERBANG DAN MENARA PENGAWAS TANJUNG BATU

Tanjungpandan, Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo)  Kabupaten Belitung, menggelar acara Peresmian Pembangunan Gerbang Keluar Masuk Pelabuhan Tanjung Batu dan Menara Pengawas Pelabuhan Tanjung Batu , Rabu (15/1) bertempat di Pelabuhan Tanjung Batu Tanjungpandan. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Belitung yang di dampingi oleh Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, M. Zaky, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Mahadir Basti, Unsur Forkompinda Kabupaten Belitung, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung, Darma Bakti, S.Sos, Bupati Belitung Periode 1999-2004, Isyak Zainudin, Bupati Belitung Periode 2004-2013, Ir. H. Darmansyah Husein, dan Ketua MUI Belitung Anwar DM.

 

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung, Darma Bakti, S.Sos dalam laporannya menyampaikan Pembangunan Tanjung Batu yang mulai dirintis sejak tahun 1999 memiliki arti penting dan bermakna strategis, karena berfungsi memudahkan dan memperlancar kegiatan penyebrangan orang, barang dan jasa dari dan ke Pulau Belitung. Disamping itu, dimanfaatkan pula sebagai sarana pendukung kegiatan kapal untuk bongkar muat barang bagi keperluan pembangunan PLTU Suge.

 

Selanjutnya,  Darma Bakti mengharapkan agar  fasilitas Tanjung Batu kedepannya perlu ditingkatkan dan terus mendapat dukungan dari pemerintah dan masyarakat.

 

Sementara itu Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos dalam sambutannya menyampaikan salah satu dasar pemikiran yang melatarbelakangi pembangunan fasilitas Pelabuhan Tanjung Batu ini, yakni karena adanya pertimbangan, fasilitas pelabuhan laut yang sudah ada yakni; Pelabuhan Tanjungpandan dan Pelabuhan Eks PT. Timah tidak memungkinkan untuk dikembangkan menjadi Pelabuhan Samudera yang diharapkan nantinya dapat menjadi Pintu Gerbang perekonomian Kabupaten Belitung.

 

Untuk itu, dilanjutkan Bupati, pembangunan pelabuhan Tanjung Batu harus terus kita lanjutkan hingga benar-benar rampung dan operasionalnya bisa berjalan secara optimal. Hal ini dikarenakan pelabuhan  ini diproyeksikan untuk menjadi pelabuhan internasional, dengan tiga fungsi utama yaitu;  sebagai pintu gerbang keluar masuk utama ke Pulau Belitung, melayani kawasan industri yang diproyeksikan menjadi kawasan ekonomi khusus (KEK), dan menjadi pelabuhan penyangga Tanjung Priok yang kini sudah sangat padat dan macet.

 

Diakhir sambutan Bupati mengajak seluruh masyarakat agar bisa memanfaatkan fasilitas pelabuhan Tanjung Batu sesuai fungsinya dengan baik, serta menjadikannya sebagai wahana untuk meningkatkan kegiatan ekonomi maupun sebagai prasarana transportasi.

 

Turut hadir dalam acara ini, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Drs. Haziarto, Staf Ahli Bidang Administrasi, Hendro Gupito, SH, Asisten Bidang Pemerintahan, Hj. B. Maiya Hasibuan, SH, Asisten Bidang Administrasi, Helman, SH, Kepala Badan/ Dinas/ Kantor dan Bagian di lingkungan Setda Kabupaten Belitung, Para Camat, Kepala Desa, Kepala Dusun, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung