Jum'at, 17 Januari 2014 11:00

Gubernur Lantik Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung

Tanjungpandan,  Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, H. Rustam Effendi,B.Sc melantik dan mengambil sumpah Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung,  Karyadi Sahminan,SE. M.AP menggantikan pelaksana tugas (Plt). Sekretaris Daerah Ir. Arpani, Jum’at (17/01) bertempat di Gedung Serba Guna Pemkab. Belitung. 

 

Pelantikan berdasarkan Keputusan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor: 188.44/018/BKD/2014 tentang Pengangkatan Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, yang ditetapkan di Pangkalpinang pada tanggal 15 Januari 2014.

 

Dalam prosesi pelantikan tersebut, Karyadi Sahminan SE.M.AP membacakan fakta integritas yang kemudian ditandatangani bersama Bupati Belitung, H. Sahani Saleh,S.Sos selaku atasan langsung.

 

Sementara itu, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, H. Rustam Effendi dalam Sambutannya mengatakan “Atas nama Pemerintah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, saya ucapkan ” Selamat ” kepada Karyadi Sahminan, SE. M.AP. yang secara resmi telah dilantik pada hari ini sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, semoga tugas dan fungsi yang melekat dalam jabatan tersebut dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan sesuai dengan peraturan yang ada. Kemudian, atas nama pribadi maupun Pemerintah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung saya ucapkan terima kasih dan apresiasi positif kepada Ir. Arpani atas pelaksanaan tugas sebagai Plt. Sekretaris Daerah selama ini, khususnya dalam rangka mendukung dan membantu pelaksanaan tugas Pemerintah Kabupaten Belitung. Semoga setiap tugas dan pengabdian yang telah dilaksanakan dapat bermakna dan mendapat imbalan dari Allah SWT demi kemajuan pembangunan khususnya di Kabupaten Belitung dan Propinsi Kepulauan Bangka Belitung pada umumnya.

 

Lebih lanjut Rustam mengatakan, menciptakan tata pemerintahan yang bersih dan berwibawa merupakan salah satu agenda penting dalam Reformasi Birokrasi. Agenda tersebut merupakan upaya untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik, antara lain dengan mengedepankan keterbukaan, akuntabilitas, efektifitas dan efisiensi, menjunjung tinggi supremasi hukum, dan membuka partisipasi masyarakat yang dapat menjamin kelancaran, keserasian, dan keterpaduan tugas serta fungsi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Untuk itu, diperlukan langkah-langkah kebijakan yang terarah pada perubahan kelembagaan dan sistem ketata-laksanaan, kualitas sumber daya manusia aparatur serta sistem pengawasan dan pemeriksaan yang efektif dan efisien.

 

Menurutnya, pemerintahan yang bersih dan berwibawa merupakan sebuah keniscayaan dari berlakunya nilai-nilai demokrasi dan masyarakat madani pada level kekuasaan Negara. Nilai-nilai masyarakat madani tidak hanya dikembangkan dalam masyarakat (individu, keluarga, dan komunitas), tetapi juga harus dikembangkan pada level Pemerintahan, sehingga sistem kenegaraan yang dibangun menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dalam perwujudan masyarakat madani, termasuk sistem pemerintahan yang bersih dan berwibawa. Dengan perspektif tersebut, semakin memperjelas bahwasanya Pemerintah tidak kebal kritikan terhadap kebijakan pembangunan yang dilaksanakan. Namun demikian, hendaknya dapat dilakukan secara santun dalam konteks budaya yang tinggi. Kekuatan sipil (Masyarakat) dan Pemerintah saling mendukung dalam mewujudkan masyarakat madani di Indonesia.  Dan sebagai Aparatur Pemerintah saudara harus siap mendapatkan kritikan dari publik sebagai feedback pelaksanaan tugas sehari-hari agar menjadi lebih baik dari waktu ke waktu”, tegas Rustam.

 

Acara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat, ramah tamah dan makan bersama. Hadir pada pelantikan tersebut: Bupati Belitung H Sahani Saleh, S.Sos, Wakil Bupati Belitung Drs. H. Erwandi A. Rani, Asisten I Setda Kabupaten Belitung Hj. B. Maiya Hasibuan,SH, serta tamu undangan lainnya.

 

 

Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung