Jum'at, 17 Januari 2014 15:00

BUPATI BELITUNG PIMPIN RAPAT FASILITASI PENYELESAIAN PILKADES PULAU GERSIK

Tanjungpandan,  Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos. menyampaikan hasil keputusan dari rapat yang dilaksanakan sebelumnya bersama unsur Forkominda Kabupaten Belitung terkait pemilihan Kepala Desa Gersik dalam rapat fasilitasi penyelesaian pemilihan Kepala Desa Gersik Kecamatan Selat Nasik, bertempat di Ruang Rapat Bupati, pada hari Jum'at (17/01).

 

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos didampingi Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani, Ketua DPRD Kabupaten Belitung Taufik Rizani, A. Md, dan Asisten I Bidang Pemerintahan, Hj. B. Maiya Hasibuan, SH, menjelaskan bahwa setelah dilakukan telaah dan analisa khususnya dari segi hukum oleh Kajari Kabupaten Belitung, tidak ada pelanggaran terhadap aturan dalam pemilihan Kepala Desa Gersik tersebut, sehingga hasil dari Pilkades Gersik yang menetapkan pemenang Calon Kades Nomor 2 atas nama Andi Saparudin adalah sah, mutlak, dan tidak dapat diganggu gugat.

 

Sahani Saleh menambahkan bahwa pada tanggal 5 Febuari 2014 mendatang, Pemerintah Daerah akan melaksanakan pelantikan seluruh Kades yang terpilih di Kecamatan Selat Nasik secara serentak, meliputi pelantikan Kades Selat Nasik, Kades Petaling, Kades Gual, dan Kades Gersik. Pelantikan tersebut tidak akan dilaksanakan di Desa masing-masing, namun dilaksanakan di Kecamatan Selat Nasik, tegas Sahani.

 

Dalam rapat tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Belitung Taufik Rizani, A. Md mengatakan bahwa semua pihak harus mendukung keputusan dari hasil pemilihan Kepala Desa Gersik tersebut, sebab hasil Pilkades Gersik sah dan sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2007 tentang Tata cara Pemilihan, Pencalonan, Pengangkatan, Pelantikan, dan Pemberhentian Kepala Desa. Lebih lanjut, Taufik mengajak masyarakat Desa Gersik untuk menjaga keamanan dan menciptakan suasana kondusif, serta bersama-sama memajukan Pulau Gersik.

 

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kapolsek Selat Nasik, IPTU M. Irsan. S yang hadir dalam rapat tersebut, Kapolsek berpesan agar seluruh masyarakat Pulau Gersik bisa berfikiran secara luas, jangan negative thinking tetapi harus berfikiran positif, terutama dalam menghadapi Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden mendatang.

 

Rapat dihadiri dan diikuti oleh Plt. Kepala Kesbanglinmas Kabupaten Belitung, Kabag Tata Pemerintahan Setda. Kabag Humas Setda, Kasat Pol PP, Kabid Pemdes BPMPDPKB, Kasubag PHD Bagian Hukum Setda, Kasubag DIH Bagian Hukum Setda, Kasubag Ordes Tata Pemerintahan Setda, Camat Selat Nasik, Danramil Selat Nasik, calon Kades No 2, Pj. Kepala Desa Gersik, Ketua BPD beserta anggota, panitia pilkades Desa Gersik beserta undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung