Sabtu, 1 Februari 2014 15:00

Bupati Belitung Resmikan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Kompesra Kelurahan Lesung Batang

Tanjungpandan – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh,S.Sos meresmikan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) milik Komunitas Peduli Sampah Rumah Tangga (Kompesra)  Kelurahan Lesung Batang, Sabtu (1/2), bertempat di Jalan A. Yani Dalam Tanjungpandan.

 

Ketua Komunitas Peduli Sampah Rumah Tangga (Kompesra)  Kelurahan Lesung Batang, Basarudin Jusan dalam sambutannya mengatakan “Kompesra ini terbentuk pada tanggal 10 Oktober 2013 dengan beranggotakan 15 orang pengurus dan 5 relawan atas dasar kesadaran dan kepedulian lingkungan oleh warga Lesung Batang  terhadap masalah sampah rumah tangga secara swadaya. Dengan adanya TPS ini sampah nantinya diangkut dari rumah dan dibuang di Tempat Pembuangan Sementara (TPS).  Kemudian sampah di TPS tersebut diangkut oleh mobil Dinas Kebersihan Pasar dan Pertamanan (DKPP) Kabupaten Belitung untuk dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

 

Basarudin mengatakan, karena Kompesra merupakan swadaya masyarakat, maka mereka tidak bisa memberikan program tersebut secara gratis kepada warga, karena membutuhkan biaya operasional  harian  untuk intensif relawan yang akan bekerja setiap harinya. Untuk itu Kompesra akan menerapkan iuran bulanan kepada warga pelanggan, namun besaran iuran tersebut tidak akan disamaratakan  untuk setiap pelanggan, karena besaran produksi sampah rumah tangga tersebut pasti berdasarkan anggota keluarga pada setiap rumah”.

 

Sementara itu Bupati Belitung, H. Sahani Saleh,S.Sos dalam sambutannya mengatakan “ Pembentukan Kompesra merupakan wujud kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan. Kami besyukur dan berterimakasih program 100 hari yang dicanangkan terbantu dengan adanya Kompesra. Saya berharap Kompesra ini bisa menjadi pilot project untuk mengurusi masalah sampah di Kabupaten Belitung”,ujar Sahani.

 

Lebih lanjut Sahani mengatakan, gerakan swadaya masyarakat ini diharapkan dapat ditiru oleh masyarakat lainnya, supaya peduli terhadap kebersihan lingkungan. Dalam sebuah penelitian, indek peduli sampah oleh masyarakat baru sekitar 0,7 ini berarti belum semua masyarakat  peduli terhadap kebersihan lingkungan, bahkan berbuat sebaliknya dengan membuat kotor lingkungan. Sebagai daerah pariwisata, kebersihan sangat diperlukan untuk menarik wisatawan. Berdirinya Kompesra mengindikasikan adanya sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam membangun pariwisata ini “,ucapnya.

 

Hadir dalam peresmian TPS tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Belitung, Taufik Rizani,A.Md, Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Karyadi Sahminan,SE,M.AP, serta tamu undangan lainnya. 

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung