Jum'at, 7 Februari 2014 19:00

KUNJUNGAN MENTERI KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA KE KABUPATEN BELITUNG

Tanjungpandan – Menteri Kehutanan (Menhut) Republik Indonesia, Zulkifli Hasan kembali mengunjungi Kabupaten Belitung, Jum’at (07/02) 2014. Dalam kunjungannya kali ini, Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan mengunjungi Pantai Wisata Tanjung Kelayang untuk menghadiri acara Program Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada para nelayan yang ada di Kabupaten Belitung. Hadir dalam kegiatan ini mantan Bupati Belitung H. Darmansyah Husein, pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung beserta tamu undangan lainnya.

 

Acara tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan program Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang nantinya akan memberikan kemudahan bagi para nelayan untuk memperoleh modal usaha tanpa agunan atau jaminan. Pada acara yang dilaksanakan di Pendopo Tanjung Kelayang ini, Menteri Kehutanan , Zulkifli Hasan menyaksikan penyerahan kredit kepada nelayan dan pelaku UKM, yang diberikan oleh Bank Syariah Mandiri, BRI, Bank SumselBabel dan Bank Mandiri. Penyerahan ini dilakukan oleh pimpinan cabang masing-masing bank. Selain itu Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan juga memberi bantuan modal kepada tiga kelompok seni yang mengisi acara tersebut dan bantuan modal kepada salah seorang warga.

 

Menteri Kehutanan (Menhut) Republik Indonesia, Zulkifli Hasan dalam sambutannya mengatakan saat musim barat, nelayan pasti tidak bisa melaut. Oleh sebab itu penting bagi nelayan pada waktu-waktu seperti itu, para nelayan dan istri mereka diajarkan cara berwirausaha. “Para nelayan ini harus diajari untuk mengembangkan ekonomi alternatif selain nelayan, supaya pada saat musim barat, mereka masih bisa untuk mencari uang. Apakah itu dengan cara membuka warung atau mengembangkan hasil-hasil industri kreatif, kerajinan dan lain-lainnya” ujar Menhut.

Dalam Kesempatan tersebut, Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada Menteri Kehutanan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan. “Semoga kunjungan kali ini bisa memberikan kenangan yang berarti dan tak terlupakan serta dapat menginspirasi kita semua dalam pelaksanaan tugas pembangunan, sekarang dan di masa yang akan datang” ujar Wabup.

 

Sebagai salah satu Kabupaten yang terus bergerak maju, Belitung juga telah mendapat kucuran dana bantuan dari beberapa kementerian dan pemerintah pusat untuk menunjang beberapa pembangunan di berbagai sektor. Sejumlah program kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknisnya. “Melalui kesempatan ini atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Belitung, saya ucapkan terima kasih atas bantuan dan kepercayaan serta perhatian besar yang diberikan kepada Kabupaten Belitung. Semoga segala bentuk bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh kelompok nelayan di Kabupaten Belitung” lanjut Wabup.

 

Pada kesempatan tersebut Menteri Kehutanan, Zulkifli Hasan sempat mengadakan tanya jawab dengan masyarakat Sijuk. Dan di sela kegiatan itu, Menhut juga melakukan penanaman pohon dan pelepasan tukik di Pantai Wisata Tanjung Kelayang.

 

Kunjungan Menteri Kehutanan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan kali ini dilanjutkan dengan mengunjungi SMKN 1 Tanjungpandan. Dalam kunjungannya ke SMKN 1 Tanjungpandan, Menhut menceritakan tentang perjuangannya mulai sejak SD hingga akhirnya menjadi Menteri Kehutanan. Hal tersebut dilakukan untuk memotivasi siswa-siswi SMKN 1 Tanjungpandan supaya tidak pantang menyerah. Dan diakhiri dengan foto bersama guru-guru dan siswa-siswi SMKN 1 Tanjungpandan.

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung