Senin, 17 Februari 2014 09:00

BUPATI BELITUNG PIMPIN UPACARA BULANAN PERINGATAN K3 TAHUN 2014

Tanjungpandan -- Dalam rangka Peringatan Hari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang jatuh pada tanggal 12 Januari 2014 yang lalu, Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Peternakan, Perkebunan, Kehutanan, dan Ketahanan Pangan, dan Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Belitung menggelar upacara bulanan, bertempat di Halaman Kantor Bupati Belitung, pada hari Senin (17/14).

 

Dihadapan peserta upacara, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos. menyampaikan beberapa point penting dari sambutan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia, Bapak Dr. H. A. Muhaimin Iskandar, M.Si dalam peringatan bulan K3 antara lain bahwa keselamatan dan kesehatan kerja merupakan salah satu aspek perlindungan ketenagakerjaan, dan merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja yang ruang lingkupnya telah berkembang sampai pada keselamatan dan kesehatan masyarakat secara nasional. Untuk itu, diperlukan upaya perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja melalui pelaksanaannya.

 

”Pelaksanaan kegiatan K3 yang dilakukan hendaknya dapat memenuhi tuntutan negara-negara yang menjadi representasi masyarakat internasional terhadap persyaratan suatu produk barang atau jasa, antara lain; harus memiliki mutu yang baik, aman dipergunakan, ramah lingkungan, dan memenuhi standar internasional tertentu, diantaranya ISO 9001 series, ISO 14000 series, OHSAS 18000 series dan SMK3. Kondisi tersebut harus kita jadikan sebagai tantangan sekaligus peluang dalam meraih keberhasilan  perdagangan global. Di sisi lain, persyaratan tersebut selalu dihubungkan dengan perlindungan bagi tenaga kerja, konsumen dan hak asasi manusia”, tegas Muhaimin Iskandar.

 

Lebih lanjut, dalam sambutannya Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa pelaksanaan K3 tidak hanya merupakan  tanggung  jawab  Pemerintah, tetapi tanggung jawab semua pihak, khususnya masyarakat industri. Dengan demikian, semua pihak terkait berkewajiban untuk berperan aktif sesuai fungsi  dan kewenangan untuk melakukan berbagai upaya dibidang K3 secara terus menerus dan berkesinambungan, serta menjadikan K3 sebagai bagian dari budaya kerja disetiap kegiatan, sehingga dapat mencegah kasus kecelakan kerja dan penyakit akibat kerja. Hal ini tentunya akan mempengaruhi stabilitas dalam berusaha, dan secara tidak langsung dapat menurunkan pertumbuhan ekonomi secara nasional.

 

Diakhir sambutannya, Muhaimin Iskandar menghimbau, mengajak, dan mendorong agar Kementerian disemua sektor, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, para cendikiawan, perguruan tinggi, organisasi profesi, asosiasi, pimpinan perusahaan, pekerja, masyarakat lainnya untuk melakukan upaya-upaya konkrit pelaksanaan K3 di lingkungannya masing-masing, sehingga pelaksanaan K3 menjadi gerakan seluruh bangsa Indonesia guna mendukung tercapainya Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2015.

 

Dalam kesempatan yang sama, Direktur PT. Jamsostek Persero Cabang Tanjungpandan secara simbolis menyerahkan seperangkat alat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) kepada Pemerintah Kabupaten Belitung, yang diterima oleh Bupati Belitung didampingi oleh Wakil Bupati Belitung, Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung dan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Belitung.

 

Upacara bulanan K3 yang dipimpin secara langsung oleh Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos. diikuti secara hikmat oleh Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani, Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten, Kabag, Kepala Badan/ Dinas/ Instansi, serta Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung. (dini)

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung