Rabu, 19 Februari 2014 14:00

BUPATI BELITUNG MEMBUKA BIMTEK KLASTER CABAI DI BELITUNG

Batu Itam, Sijuk --  Bank Indonesia (BI) Regional VII Palembang bekerjasama dengan Pemerintah kabupaten Belitung melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hultikultura, Perternakan, Perkebunan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan mengelar Bimtek Klaster Cabai di Belitung. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan sektor pertanian komoditas holtikultura khususnya cabai di Kabupaten Belitung.

 

Acara ini diselenggarakan di Restoran Rindu Kampong, Rabu(19/2). Dalam acara ini juga Bank Indonesia Regional VII Palembang yang dihadiri Direktur Eksekutif BI Regional VII Palembang R. Mirmansyah menandatangani kerjasama Program Klaster Cabai selama tiga tahun antara Bank Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Belitung. Serta menyerahkan bantuan berupa 4 unit mesin cultivator dan 1 Unit mesin pembuatan pupuk organik cair.

 

Pada sambutannya, Direktur Eksekutif BI Regional VII Palembang mengatakan program yang diadakan ini merupakan  Program Sosial Bank Indonesia  dan Program PMD (Penggerak Membangun Desa). Diharapkan nantinya Kabupaten Belitung dapat menyumbang Inflasi di sektor pertanian serta menguntungkan dalam skala Agrobisnis serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

 

Dalam sambutannya, Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos, mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia Regional VII Palembang yang telah membantu kelompok tani Kabupaten Belitung dalam mengadakan Bimtek Klaster Cabai ini. Bupati juga berharap dengan adanya bimtek ini, nantinya diharapkan Kabupaten Belitung bisa swasembada cabai, paling tidak mengurangi ketergantungan cabai dari daerah lain. Bupati Belitung berharap kepada peserta bimtek, agar dapat mengikuti bimtek dengan penuh semangat dan tekun dan dapat menyalurkan ilmunya kepada petani lain. 

 

Pada kesempatan ini juga Direktur Eksekutif Bank Indonesia Regional VII Palembang memberikan bantuan berupa 4 unit mesin cultivator dan 1 Unit mesin pembuatan pupuk organik cair kepada Bupati Belitung dan diserahkan kepada kelompok tani Karya Mandiri Desa Batu Itam.

 

Turut hadir dalam acara ini, Bupati Belitung, Direktur Eksekutif Bank Indonesia Regional VII Palembang, Tamu undangan dan peserta bimtek dari kelompok tani.

 

Sumber: Dinas Tanaman Pangan dan Hultikultura, Perternakan, Perkebunan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan