Senin, 24 Februari 2014 14:00

Pembukaan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)/Pra Musrenbang Kabupaten Belitung Tahun 2014

Tanjungpandan - Wakil Bupati Belitung, Drs. H Erwandi A. Rani membuka kegiatan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) / pra Musrenbang Kabupaten Belitung, Senin (24/2) bertempat di Aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Tanjungpandan.

 

Kepala BAPPEDA Kabupaten Belitung, Ir. Hermanto dalam sambutannya mengatakan “Pada Musrenbang yang telah dilaksanakan  di Kecamatan, kita mendapat sekitar tiga ribu lebih usulan, yangmana usulan tersebut berkurang dari usulan  sebelumnya  sekitar enam ribu usulan dengan usulan infrastruktur lebih dominan dari usulan yang lain. Berkurangnya usulan tersebut tidak terlepas atas peran Kecamatan dan desa yang telah mengkondisikan bahwa dalam usulan tersebut tidak semua dapat direalisasikan dan usulan-usulan  sebelumnya sudah direalisasikan pemerintah daerah.

 

Hermanto mengatakan, kali ini kita belum mendapat usulan dari DPRD Kab.Belitung dan kami harapkan seluruh usulan dapat kita padukan supaya betul-betul sempurna dengan koordinasi dan pembahasan yang lebih lanjut. Ada beberapa hal yang perlu pembahasan pada forum ini, seperti masalah tupoksi yang mana tidak boleh saling tumpang tindih tupoksi, sebagai contoh masalah kegiatan O2SN yang terjadi di Dinas Pendidikan dan Dinas Pemuda dan Olahraga , untuk itu perlu pembahasan terhadap hal-hal seperti itu ”.

 

Sementara itu Wakil Bupati Belitung dalam sambutannya mengatakan “ Sampai saat ini Kabupaten Belitung merupakan Kabupaten dengan kemajuan yang signifikan dalam pembangunan daerah. Hal ini bisa terlihat dari peningkatan angka pertumbuhan ekonomi sebesar 7,71 % dan angka IPM sebesar 74,13. Kita tidak bisa menutup mata akan beberapa persoalan yang bisa menghambat proses pembangunan, seperti angka penempatan pekerja yang lebih rendah dari pencari kerja yaitu sebanyak 149 orang dari 1.228 orang pencari kerja laki-laki pada tahun 2012, dan 31 orang dari 1090 orang pencari kerja perempuan pada tahun 2012. Untuk tahun-tahun ke depan kita tetap mangacu pada tiga pilar pembangunan seperti yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Belitung, yaitu, sektor kepariwisataan, sektor kelautan dan perikanan,  dan sektor perhubungan. Namun ketiga sektor ini juga akan tetap didukung oleh seluruh sektor lainnya pada masing-masing SKPD, terutama sektor pendidikan dan kesehatan.

 

Lebih lanjut, Erwandi mengatakan, mengenai forum SKPD pada hari ini, kita jangan hanya bisa merencanakan dan merealisasikan akan tetapi perlu pengawasan serta bimbingan hingga apa yang telah direncanakan bisa mencapai tujuan dan mendapatkan hasil yang maksimal. Sebagai contoh, penyediaan bibit karet untuk masyarakat, bibit karet yang diminta masyarakat direalisasikan akan tetapi bimbingan tentang penanaman dan perawatan karet ini lemah, seperti penyakit pada tanaman karet, pupuk yang harus dipakai dan lain sebagainya. Untuk itu perlu keseriusan dalam pembangunan di daerah kita ini, bukan hanya merencanakan akan tetapi bertanggungjawab atas apa yang telah menjadi amanah dan tugas kita, ujar Wabup.

 

Turut hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Karyadi Sahminan,SE, M.AP, Anggota DPRD Kabupaten Belitung, Deky Siswoyo, SE., Ir. Harsono H. Katis, Kepala SKPD se-Kabupaten Belitung serta tamu undangan lainnya.

Sumber: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Belitung