Rabu, 5 Maret 2014 17:00

Bupati Belitung Resmikan Pasar Tradisional Selat Nasik

Selat Nasik - Bupati Belitung H. Sahani Saleh,S.Sos meresmikan Pasar Tradisional Koperasi KSU Mitra Selat Nasik di desa Selat Nasik, Kecamatan Selat Nasik Kabupaten Belitung, (Rabu 5/3).

 

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Bupati Belitung dan pengguntingan pita oleh Deputi IV Bidang pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Emilia Suhaimi.

 

Dalam sambutannya Emilia Suhaimi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Belitung atas prakarsa dan perjuangan untuk mewujudkan pembangunan pasar tradisional tersebut. Pemberdayaan UKM merupakan salah satu prioritas bahkan penyelamat ketahanan ekonomi nasional dan mengurangi angka pengangguran yang sedang meningkat. Berbagai kebijakan telah dicanangkan pemerintah untuk membantu usaha kecil menengah (UKM) diantaranya revitalisasi pasar. Revitalisasi pasar yaitu pemerintah mengalokasikan dana APBN untuk merenovasi pasar tradisional sehingga terpelihara, meningkatkan kualitas pasar tersebut dan dapat bersaing. Program tersebut telah merenovasi 472 unit pasar tradisional di 328 Kabupaten Kota. Kehadiran para pedagang telah memberikan penampungan lapangan kerja dengan skala besar. Untuk itu peliharalah dengan sebaik-baiknya, utamakan mutu seperti produk-produk lokal “, ujar Emilia.

 

Sementara itu Bupati Belitung  dalam sambutannya mengungkapkan bahwa mengatakan “Pembangunan pasar tradisional koperasi KSU Mitra Selat Nasik ini merupakan salah satu upaya dari pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM dengan menggelontorkan dana 900 juta yang bersumber dari APBN tahun 2013. Tujuannya untuk memberdayakan usaha ekonomi skala mikro, kecil, dan menengah. Tujuan lainnya untuk meningkatkan pendapatan para pedagang, memberikan sarana usaha yang layak bagi pedagang tradisional desa, meningkatkan sarana dan prasarana serta akses pemasaran produk  hasil olahan Usaha Kecil Menengah (UKM), mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, serta sebagai sarana pembelajaran dan sekaligus memberdayakan koperasi bagi masyarakat Selat Nasik.

 

“Kami berharap keberadaan dari pasar tradisional, bisa menjadi salah satu wadah, pendorong dan penggerak majunya ekonomi para anggota koperasi khusunya dan masyarakat setempat pada umumnya, untuk memasarkan produk hasil olahan UKM. Pelaksanaan pembangunan Pasar Tradisonal Koperasi KSU Mitra Nelayan Selat Nasik, merupakan wujud nyata dari upaya pemerintah pusat dalam menggerakkan perekonomian nasional melalui koperasi dan UMKM sebagai pelaku ekonomi utama. Tentunya upaya positif tersebut harus disambut baik oleh seluruh masyarakat di Kecamatan Selat Nasik, dengan memanfaatkan sarana yang telah disiapkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah Kabupaten Belitung sesuai dengan fungsinya. kedepan kesejahteraan masyarakat dapat terus meningkatkan seiring dengan geliat pertumbuhan ekonomi di Kecamatan Selat Nasik ”, lanjut Bupati.

 

Hadir pada peresmian tersebut, Wakil Bupati Belitung, Drs. H Erwandi A. Rani, Anggota DPD RI, Tellie Gozelie, Staf Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Kepulauan Bangka Belitung,  Forkominda serta tamu undangan lainnya.

 

 

Sumber: Humas Setda Kabupaten Belitung