Rabu, 5 Maret 2014 21:00

PELANGI TRAVEL MART 2014

Tanjungpandan – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos menghadiri acara pembukaan Pelangi Travel Mart 2014, Rabu (05/03) 2014, bertempat di Ball Room Bahamas Hotel dan Resort Tanjungpandan Belitung. Acara tersebut dibuka oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, H. Rustam Effendi. Tujuan diselenggarakannya acara tersebut, adalah untuk mengangkat sektor pariwisata Belitung yang terus bertumbuh seiring kemajuan-kemajuan di berbagai sektor lain yang ikut mendukung perkembangan sektor pariwisata.

 

Ketua DPD ASPPI Babel, Agus Pahlevi dalam sambutannya mengatakan, ketika pertama kali kabar Pelangi Travel Mart Belitong 2014 bergulir sebanyak 506 peserta dari seluruh Indonesia langsung memberi sambutan hangat dan menyatakan keinginan untuk hadir ke Belitung. Panitia pun melakukan seleksi dan menyaring hingga sekitar 150 travel agency sebagai peserta acara ini. “Tema kegiatan ini adalah ‘Datang dan Jelajahi Bangka Belitung, Come and Explore Bangka Belitung’. Kami harap kawan-kawan travel agency yakin bahwa Babel punya potensi dan fasilitas. Kegiatan ini sendiri murni ide dari stakeholder di Babel, dan kami bersyukur ada dukungan dari pemerintah” ujar Agus.

 

Direktur Promosi Wisata Dalam Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Tazbir Abdullah dalam kesempatan ini memberi apresiasi kepada ASPPI dan juga Pemprov Babel serta Pemerintah Daerah di Pulau Belitung yang telah membangun insfrastruktur dengan baik. “Saya memberi apresiasi kepada ASPPI. Walau usianya masih relatif muda tapi punya kreativitas. Kita harap jualan-jualannya lebih aktif lagi, terutama destinasi wisata dalam negeri. Kalau kita tidak gencar kita akan lalai dan potensi yang dimiliki akan sia-sia” ujar Tazbir. Beliau juga memuji jalan-jalan mulus yang sempat ia lalui di sejumlah wilayah di Belitung serta lokasi wisata yang letaknya tidak terlalu jauh.

 

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, H. Rustam Effendi dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta Pelangi Travel Mart 2014. Rustam berharap peserta dapat menikmati dan merasa betah hingga nantinya akan berkunjung ke Pulau Belitung. “Salah satu cara berpromosi yang efektif adalah dengan menyelenggarakan acara seperti ini, dimana salah satu event promosi pariwisata Bangka Belitung langsung melibatkan stakeholder pariwisata, khususnya yang ada di Bangka Belitung. Kegiatan ini juga bisa dikatakan sebagai barometer kegiatan promosi pariwisata Provinsi Bangka Belitung sebagai destinasi utama wisata dalam negeri yang sedang berupaya menjadikan daerah ini sebagai destinasi baru bagi wisatawan mancanegara.” ujar Rustam.

“Besar harapan saya dengan adanya kegiatan Pelangi Travel Mart 2014, menjadi salah satu strategi untuk memperkenalkan dan mengembangkan potensi wisata di Provinsi Bangka Belitung sekaligus mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap semua hasil kekayaan, kearifan budaya lokal, yang di kemas dengan indah dalam kreatifitas yang selalu dinamis.” lanjutnya.

 

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Bappeda Prov. Kep. Babel, Yan Megawandi, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Belitung, Jasagung Hariyadi, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Beltim, Helly Chandra, Kepala Bappeda Belitung Hermanto beserta para peserta Pelangi Travel Mart 2014.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung