Rabu, 26 Maret 2014 12:00

Asisten I Setda Kabupaten Belitung Buka Kegiatan Orientasi Wawasan Kebangsaan Kabupaten Belitung Tahun 2014

Tanjungpandan - Asisten I Setda Kabupaten Belitung, Mirang Uganda,SH membuka kegiatan Orientasi  Wawasan Kebangsaan se-Kabupaten Belitung Tahun 2014, Rabu (26/03), bertempat di Graha Resto Tanjungpandan.

 

Selaku Ketua pelaksana, Sarpan Remadin,SIP dalam sambutannya mengatakan “Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan tersebut yaitu untuk lebih meningkatkan pemahaman masyarakat  terhadap makna dan nilai-nilai wawasan kebangsaan dalam cara memandang bangsa dan kedaulatan NKRI dengan tetap berpedoman kepada keutuhan Pancasila dan UUD 1945. Tujuan kegiatan tersebut antara lain untuk memberikan pengertian terhadap arti pentingnya dalam menjaga Kesatuan dan Persatuan Bangsa dalam menanggulangi setiap ancaman, hambatan dan gangguan/tantangan yang mungkin terjadi baik dari dalam maupun dari luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

“Peserta pada kegiatan tersebut yaitu, angkatan I (pertama) dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 26 Maret 2014 dengan jumlah peserta sebanyak 110 orang yang terdiri dari Kecamatan Tanjungpandan, 80 orang dan Kecamatan Sijuk, 30 orang. Sedangkan Angkatan II (kedua) dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 27 Maret 2014 jumlah peserta sebanyak 90 orang terdiri dari Kecamatan Badau, 30 orang, Kecamatan Membalong, 30 orang dan Kecamatan Selat Nasik, 30 orang. Narasumber berasal dari Kodim 0414 dan Badan Kesbangpol dan PB Kabupaten Belitung ” .

 

Sementara itu Bupati Belitung dalam sambutan yang dibacakan Asisten I Setda Kabupaten Belitung mengharapkan setiap generasi muda Indonesia, sejak usia dini khususnya di Kabupaten Belitung, terus diberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap makna yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945, baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Hal tersebut, sebagai bekal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara untuk membangkitkan semangat nasionalisme, cinta tanah air.

 

”Melalui kegiatan ini diharapkan agar seluruh peserta yang terdiri dari aparat Kecamatan dan Kelurahan/Desa, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda se-Kabupaten Belitung, dapat terus bersinergi dengan meningkatkan peran aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pemilu Legislatif berlangsung. Kepada seluruh masyarakat kami mengharapkan bisa menyalurkan aspirasi dan suara dalam Pemilu Legislatif tersebut, jangan sampai ada yang tidak menggunakan hak pilihnya, sebab 1 (satu) suara kita menentukan masa depan bangsa kedepan ”, jelasnya.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kesbangpol dan PB Kabupaten Belitung, Ahyat AD, S.AP, Camat Membalong, Syamsuddin,SE, serta tamu undangan lainnya.

Sumber: Badan Kesbangpol dan Penanggulangan Bencana Kab. Belitung