Rabu, 26 Maret 2014 11:00

Sekda Buka Bintek Arsip Aset di Lingkungan Desa Kabupaten Belitung

Tanjungpandan - Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Belitung mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis Arsip Aset pada Kegiatan Penataan Arsip Desa Tahun Anggaran 2014, Rabu (26/3) bertempat di Ballroom Hotel Grand Pondok Impian Tanjungpandan. Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini dibuka secara resmi oleh Bupati Belitung yang di wakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Karyadi Sahminan, S.E, M.A.P.

 

Kepala Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Belitung, Khairul, S.IP melaporkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan dibidang arsip aset bagi aparatur yang bertugas sebagai pengelola arsip di desa, meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di bidang pengelolaan arsip sebagai informasi yangdapat diakses oleh masyarakat luas, serta arsip yang termasuk dalam arsip aset daerah yang di desa-desa dapat terkelola dalam manajemen arsip yang baik.

 

Sementara itu, Bupati Belitung yang di wakili Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung dalam sambutannya menjelaskan selama ini kebanyakan orang menganggap masalah arsip tidak penting, tetapi justru pada kenyataannya permasalahan arsip adalah permasalahan yang sangat vital karena apabila arsip tidak lengkap seseorang bisa kehilangan aset yang sudah dimilikinya.

 

Selanjutnya Sekda menyampaikan bahwa Administrasi maupun pengolahan data-data mengenai aset daerah di mulai dari pemerintah desa. Ini berarti apabila di desa cara pengarsipan tidak benar akan berpengaruh besar kepada lingkup pemerintah kabupaten. Untuk itu Sekda berharap kegiatan ini tidak hanya untuk memenuhi ouput, namun lebih kepada benefit dan manfaatnya ke depan.

 

Narasumber kegiatan ini berasal dari Arsip Nasional Republik Indonesia, Iyos Rosidah, S.A.P, M.Hum, Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Belitung, Yudhi Darma, SE, serta dari Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Belitung, Rakhmatiah Rokhaini.

 

Peserta yang mengikuti bintek ini adalah aparatur yang bertugas sebagai pengelola arsip di desa sebanyak 42 orang peserta yang berasal dari seluruh Kabupaten Belitung.

 

Turut hadir dalam kegiatan ini Asisten 3 bidang Administrasi Setda Kabupaten Belitung, Darma Bakti, S.Sos, Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Belitung, Jayusman, S.IP, Camat Tanjungpandan Warsito, S.Ag, dan undangan lainnya.  

 

 

Sumber: Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Belitung