Senin, 7 April 2014 09:00

Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2014 Kabupaten Belitung

Tanjungpandan - Menindaklanjuti kesepakatan bersama antara Direktorat Keselamatan Transportasi Darat dengan 9 (sembilan) Provinsi (Sumatera Barat, Riau, Bangka Belitung, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Maluku Utara dan Papua Barat ) pada acara Rapat Persiapan dan Pelaksanaan Pekan Nasional Keselamatan Jalan di daerah (20/2/2014), akan diadakan Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2014 Kabupaten Belitung dengan tema “Selamatkan Pengguna Sepeda Motor”.

 

Adapun Rencana Pelaksanaan Kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2014 Kabupaten Belitung adalah sebagai berikut:

 

a. Sosialisasi kepada masyarakat umum yang dikemas dalam bentuk pencanangan oleh Gubernur didampingi Bupati dengan peserta sebanyak 1000 orang pada hari minggu tanggal 20 April 2014 bertempat di Tanjung Pendam dengan rincian sebagai berikut:

1     Undangan sebanyak 100 orang (Instansi, muspida, swasta)

2     Komunitas sepeda motor 100 kendaraan

3     Komunitas sepeda 50 orang

4     Mayarakat umum 100 orang

5     Anak sekolah 650 orang

 

Dengan acara:

1     Pencanangan Pekan Keselamatan Jalan oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung;

2     Penyematan pin DoA (Decade of Action) oleh Bupati Belitung kepada Kepala Dinas dilingkungan Kabupaten Belitung;

3     Penyerahan modul keselamatan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Belitung oleh Direktur Keselamatan Transportasi Darat;

4     Pelepasan funride, funbike dan jalan santai;

5     Dialog bersama Gubernur, Bupati dan masyarakat;

6     Acara hiburan.

 

b. Sosialisasi ke sekolah-sekolah terpilih di Tanjungpandan mulai tanggal 20 s.d 26 April 2014 yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Propinsi Kep. Babel dan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Belitung:

1     2 sekolah SD

2     sekolah SLTP

3     5 Sekolah SLTA

 

c. Pemasangan baleho, spanduk dan umbul-umbul himbauan tentang keselamatan lalu lintas yang didalamnya memuat foto Gubernur dan Bupati dua minggu sebelum pelaksanaan kegiatan utama pekan nasional kesematan jalan.

 

Dengan adanya Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2014 diharapkan keselamatan transportasi akan lebih meningkat lagi. Untuk itu mari kita sama-sama mensukseskan acara ini.(M2M)

Sumber: dishubkominfo.belitungkab.go.id