Kamis, 17 April 2014 14:00

Seminar Pengembangan Kepribadian PKK Kabupaten Belitung

Tanjungpandan –  Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani memberikan arahan kepada peserta seminar pengembangan kepribadian PKK Kabupaten Belitung, Kamis (17/04), bertempat di Ruang Sidang Pemkab Belitung.

 

Pantia Pelaksana, Marwati, S.Mn dalam sambutannya mengatakan “Tujuan diadakannya kegiatan tersebut yaitu untuk memasyarakatkan gerakan PKK yang dikelola dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat, meningkatkan pemahaman segenap jajaran tim penggerak PKK, meningkatkan motivasi, semangat dan kesadaran kader TP PKK dan Kader PKK, dan membudayakan prilaku berbusana sesuai dengan moral budaya Indonesia. Peserta pada kegiatan tersebut berjumlah 100 orang terdiri dari Ketua TP PKK Kecamatan 5 orang, Ketua Pokja III TP PKK Kecamatan 5 orang, Ketua TP PKK Kelurahan/Desa 49 orang, TP PKK Kabupaten 24 orang, Ketua organisasi wanita 17 orang. Narasumber yaitu Ibu Endah Handayani,SE dan akan menyampaikan materi tentang pengendalian diri, etika pergaulan, public speaking, grooming (etika berpakaian) dan keprotokolan“.

 

Ketua Penggerak PKK Kabupaten Belitung, Asmara Sahani Saleh mengatakan “Kepribadian bukan hal sepele bagi kaum hawa terutama penampilan, karena penampilan bisa mempengaruhi berbagai hal didalam diri seorang wanita seperti, rasa percaya diri, suasana hati dan lain sebagainya. Untuk itu kegiatan seperti ini perlu dilaksanakan“.

 

Sementara itu Wakil Bupati Belitung dalam arahannya mengatakan “Kepribadian dalam hal ini menyangkut semua corak prilaku dan kebiasaan individu yang terhimpun dalam diri seseorang. Kepribadian mencerminkan personality yang ada dalam diri seseorang, bagaimana kita berkomunikasi, berinteraksi, dan bergaul dengan orang-orang disekeliling kita. Hal ini tentunya sangat berpengaruh bagi penciptaan dan penguatan image/citra yang akan terbentuk.

 

Lebih lanjut, Erwandi mengatakan, kepribadian merupakan ciri, karakteristik, gaya atau sifat-sifat khas yang dikaitkan dengan diri pribadi kita. Kepribadian pada dasarnya bersumber dari bentukan-bentukan yang kita terima dari lingkungan sekitar, misalnya bentukan dari keluarga pada masa kecil. Sebetulnya kepribadian adalah campuran dari hal-hal yang bersifat psikologis, kejiwaan dan juga yang bersifat fisik. Karena pada hakikatnya setiap manusia diciptakan Tuhan sudah dilengkapi dengan kepribadian, hanya saja kepribadian tersebut masih bisa dibentuk dan berubah akibat pengaruh faktor lingkungan yang kita alami dan diterima pada masa pertumbuhan kita” ujar Wabup. 

 

 

Sumber: PKK Kabupaten Belitung