Minggu, 20 April 2014 14:00

BUPATI BELITUNG POTONG LEPAT GEDE MARAS TAUN SELAT NASIK

Selat Nasik – Kedatangan rombongan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Hidayat Arsani dan Bupati Belitung, H Sahani Saleh,S.Sos  pada  perhelatan Maras Taun disambut meriah masyarakat yang memadati tempat acara  bertempat di Tanah Timbun Kecamatan Selat Nasik, Minggu (20/04).

 

Tiba di gerbang desa, rombongan  di sambut Berebut Lawang yang merupakan tradisi berbalas pantun khas adat Belitong  dan tarian Sepen. Kemudian rombongan  diarak rebana menuju tempat berlangsungnya ritual adat Maras taun. Rombongan disuguhkan permainan tradisional yaitu, Lesong Panjang, Begasing, dan tarian Nelayan.

 

Dalam Sambutannya, Bupati Belitung mengatakan “Pelaksanaan ritual Maras Taun saya nilai sebagai suatu kreasi positif guna membangun kesadaran kolektif terhadap perlunya upaya pemeliharaan nilai-nilai kearifan luhur yang diaktualisasikan dalam sikap dan prilaku yang kita tunjukkan terhadap alam, lingkungan, bumi, dan laut yang kita warisi. Mudah-mudahan acara ini dapat memberikan inspirasi kepada kita bahwa betapa banyak ragam dan jenis kearifan luhur yang memiliki nilai positif. Mari kita jaga dan lestarikan jangan sampai ritual seperti ini tenggelam dan mulai dilupakan”, ujar Bupati.

 

Sementara itu Wakil Gubernur dalam sambutannya mengatakan “Acara ini harus lebih ditingkatkan dan ditata sebaik-baiknya, dan berharap acara ini bukan hanya menjadi even lokal akan tetapi menjadi even nasional yang dihadiri oleh beragam masyarakat dari berbagai penjuru tanah air. Untuk itu untuk kedepannya saya berusaha mendatangkan tim khusus untuk mengemas acara ini menjadi lebih baik dari apa yang telah dilakukan saat ini. Saya berencana mengundang minimal tujuh Bupati yang ada di Provinsi Babel harus hadir menyaksikan ritual maras taun, Karena kita ingin membangun kebersamaan, dari  seluruh Camat, Kades, Bupati, dan Walikota ”, jelas Wagub.

 

Acara dilanjutkan dengan  ritual Maras Taun yang dipimpin langsung Dukun Kampong Desa Selat Nasik, Abu Bakar yang disaksikan Bupati dan Wagub. Selesai prosesi ritual, masyarakat yang menempati tempat acara langsung beradu cepat mengambil kue khas Belitong, Lepat yang telah disediakan dimeja - meja. Bupati Belitung beserta Wakil Gubernur diberi kesempatan untuk memotong  kue Lepat atau Lepat Gede seberat 111 kilogram yang menjadi simbol hasil panen padi tahun ini dan pemotongan pertama dilakukan oleh Wakil Gubernur dilanjutkan oleh Bupati Belitung. Hasil potongan kue dibagikan langsung oleh Bupati dan Wakil Gubernur kepada masyarakat.

 

Acara ditutup dengan makan siang bersama dan lelang ikan dari hasil lomba mancing, yang mana pada lelang tersebut dimenangkan oleh Wakil Gubernur dengan  ikan Tenggiri seberat 10,8 kilogram terjual dengan harga yang fantastis yaitu 10 juta rupiah dan diikuti juara kedua, Bupati Belitung Ikan Tenggiri seberat 8,3 kilogram seharga 1,550 juta dan Ketiga seberat 8,2 seharga 800 ribu yang dimenangkan oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kep. Babel, Andi Hudirman.

 

Hadir pada acara tersebut Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Provinsi Bangka Belitung, Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung.

 

Sumber: Kecamatan Selat Nasik


Berita Lainnya