Rabu, 7 Mei 2014 13:00

Pembukaan Diklat Keterampilan Ketenagakerjaan Tahun 2014

Tanjungpandan – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos menghadiri sekaligus membuka secara resmi Diklat Keterampilan Ketenagakerjaan Tahun 2014, Selasa (06/05) 2014, bertempat di Gedung Pertemuan UPTD Kolong Keramik Tanjungpandan. Pelaksanaan Diklat Keterampilan Ketenagakerjaan Tahun 2014 ini akan dimulai pada tanggal 07 Mei 2014 s/d 06 Juni 2014 selama 20 hari kerja. Khusus untuk pelatihan Bahasa Inggris akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 20 Juni 2014 selama 30 hari kerja.

 

Kegiatan Diklat Keterampilan Ketenagakerjaan Tahun 2014 ini dilaksanakan sebagai bentuk peran serta daerah dalam memberikan bekal keterampilan kepada pencari kerja yang diperlukan pasar kerja. Diklat ini diikuti sebanyak 90 orang pencari kerja yang terdiri dari beberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Belitung, yang meliputi Diklat Keterampilan Souvenir sebanyak 20 orang, Diklat Keterampilan Reparasi Peralatan Listrik Rumah Tangga sebanyak 20 orang, Diklat Keterampilan Montir Sepeda Motor sebanyak 20 orang dan Diklat Keterampilan Bahasa Inggris sebanyak 30 orang.

 

Ketua Panitia Pelaksana, Suhaimi dalam laporannya mengatakan saat ini Kabupaten Belitung memiliki jumlah pencari kerja terdaftar sebanyak 3.571 orang dan penempatan sebanyak 435 orang, dengan perbandingan tersebut jumlah lowongan kerja terdaftar tidak sebanding dengan jumlah pencari kerja terdaftar. Beberapa kesempatan kerja tidak dapat dipenuhi oleh pencari kerja karena kurangnya keterampilan, keahlian, pengalaman kerja sedangkan permintaan lowongan kerja memerlukan kompetensi dan kualitas yang siap pakai untuk dapat bersaing di bursa tenaga kerja . “ Semoga melalui Diklat Keterampilan Ketenagakerjaan Tahun 2014 ini, diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja / wirausaha baru bagi pencari kerja dan terciptanya kesempatan kerja, baik secara mandiri maupun secara kelompok “ ujar Suhaimi.

 

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos dalam sambutannya mengatakan pertambahan jumlah penduduk di Indonesia, khususnya di Kabupaten Belitung seringkali tidak seimbang dengan peluang untuk bekerja, maka angka pengangguran pun ikut bertambah. Sehingga perlu adanya berbagai upaya untuk meminimalisir permasalahan ini, salah satunya dengan melakukan pelatihan-pelatihan yang bertujuan untuk menciptakan tenaga kerja yang bisa berwirausaha, sebagaimana kegiatan yang kita laksanakan pada saat ini. “ Untuk itu , kepada para peserta diharapkan agar senantiasa bersemangat, disiplin dan percaya diri untuk menumbuhkembangkan jiwa kewirausahaan dan meningkatkan keterampilan yang dimiliki “ ujar Bupati.

Sumber: Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Belitung