Kamis, 8 Mei 2014 15:00

Evaluasi Perkembangan Desa Dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2014

Badau - Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos menghadiri acara Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2014, Kamis (08/05) 2014, bertempat di Kantor Desa Kacang Butor Kecamatan Badau Kabupaten Belitung.

 

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kacang Butor, Suhaini Hadian dalam laporannya mengatakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga atau yang disingkat PKK adalah gerakan pembangunan masyarakat yang timbul dari masyarakat dan tumbuh dari bawah dengan wanita sebagai motor penggeraknya. Gerakan PKK dengan 10 program pokoknya bertujuan untuk  memberdayakan masyarakat guna menumbuhkembangkan, menghimpun, mengarahkan dan membina keluarga untuk mencapai kesejahteraan keluarga. “ Keberhasilan pelaksanaan Lomba 10 Program Pokok PKK di Desa Kacang Butor Kecamatan Badau ini, tidak lepas dari dukungan, partisipasi dan peran serta semua unsur yang terkait, serta pedoman yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK baik tingkat pusat sampai ke tingkat kecamatan untuk menjadi pedoman dilapangan “ ujar Suhaini.

 

Kepala Desa Kacang Butor, Hadian dalam laporannya mengatakan sebagai desa yang berada ditengah-tengah daratan yang beriklim tropis dengan curah hujan yang cukup, serta dukungan wilayah dan kondisi tanah yang cukup memadai,  pertanian dan perkebunan menjadi sangat berpotensi untuk dikembangkan. Salah satu produksi pertanian yang selama ini yang menjadi andalan adalah pertanian lada dan karet juga kelapa sawit, dan hampir sebagian masyarakat di daerah Badau memiliki usaha pertanian tersebut baik menjadi mata pencaharian tetap ataupun sebagai usaha sampingan, tentunya ini membuktikan bahwa masyarakat kami mengandalkan pertanian dan perkebunan  untuk meningkatkan kesejahteraan. Disamping komoditi tersebut  kami juga memiliki petanian sawah yang berlokasi di Dusun Kepayang Desa Kacang Butor yang memilik luas areal persawahan sebesar 12 hektar yang dikelola langsung oleh masyarakat setempat. “ Demikianlah laporan ini kami sampaikan kiranya  menjadi bahan pertimbangan Bapak dan Ibu dalam memberikan arahan, bimbingan dan pembinaan terhadap desa kami ini untuk kemajuan dimasa yang akan datang “ ujar Hadian.

 

Lebih lanjut, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos dalam sambutannya mengatakan Kegiatan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan merupakan salah satu kegiatan untuk menilai keberhasilan pembangunan desa dan kelurahan. Penilaian perlombaan desa dan kelurahan ini dilaksanakan secara berjenjang dan berkelanjutan mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi dan tingkat nasional. Tingkat perkembangan desa dan kelurahan adalah status tertentu dari capaian hasil kegiatan pembangunan yang dapat mencerminkan tingkat kemajuan dan keberhasilan masyarakat, pemerintah desa dan kelurahan serta pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan di desa dan kelurahan. “ Sekali lagi saya sampaikan kepada tim penilai, silahkan untuk melakukan penilaian dengan harapan Desa Kacang Butor ini menjadi Desa Terbaik I dan dapat mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam mengikuti lomba desa di tingkat nasional “ ujar Bupati.

 

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Provinsi Bangka Belitung selaku Ketua Tim Penilai, Drs. Tarmin, M. Si dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan penilaian partisipasi masyarakat dalam membangun desa dan kelurahan merupakan salah satu ajang untuk meningkatkan motivasi terhadap kinerja pemerintahan desa/kelurahan beserta seluruh unsur lembaga kemasyarakatan desa/kelurahan dalam 2 (dua) tahun terakhir yaitu Tahun 2012 dan Tahun 2013, dengan ketersediaan  data profil desa dan kelurahan merupakan syarat mutlak untuk mengikuti perlombaan desa/kelurahan disetiap tingkatan yang meliputi rekapitulasi data dasar, potensi desa dan kelurahan serta tingkat perkembangan desa dan kelurahan yang telah diinput dalam aplikasi website.

 

Tim Penilai Kegiatan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2014 ini diantaranya berasal dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

 

Penilaian Kegiatan Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2014 ini, dilanjutkan dengan penilaian Tim Penilai Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2014 di Kelurahan Tanjung Pendam Kecamatan Tanjungpandan Kabupaten Belitung.

 

Hadir dalam acara ini Ketua dan Wakil Tim Penggerak PKK Kabupaten Belitung, Camat Badau, Kepala  Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintahan Desa, Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Belitung, tokoh masyarakat beserta tamu undangan lainnya.

 

Sumber: Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Provinsi Bangka Belitung