Rabu, 14 Mei 2014 13:00

Sosialisasi Pengelolaan Arsip Kepegawaian Secara Elektronik Tahun 2014

Tanjungpandan - Sebanyak 220 orang peserta yang berasal dari SKPD dan Sekolah tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, mengikuti pembukaan sekaligus pelaksanaan kegiatan sosialisasi pengelolaan arsip kepegawaian secara elektronik yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Belitung, bertempat di Gedung Serba Guna Pemerintah Kabupaten Belitung, pada hari Rabu (14/5). 

 

Dalam laporan ketua pelaksana, Sayuti, mengatakan “Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi pada hari ini adalah untuk menjalin hubungan yang sinergi antara SKPD sebagai penunjang penyedia dokumen-dokumen kepegawaian yang dibutuhkan, untuk pengelolaan arsip kepegawaian yang akan dikelola oleh BKPPD Kabupaten Belitung secara elektronik sehingga terwujud sistem informasi kepegawaian yang terintegrasi dan pelayanan informasi kepegawaian yang efisien dan efektif”.

 

Sayuti menjelaskan “adapun materi sosialisasi yang akan disampaikan oleh narasumber dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI akan berkaitan dengan ruang lingkup pengelolaan tata naskah/ kearsipan dalam bentuk pengelolaan dokumen fisik dan image dokumen”. Untuk itu, kepada setiap peserta kegiatan diharapkan untuk benar-benar dan bersungguh-sungguh mengikuti sosialisasi tersebut agar dapat dimengerti dan dipahami, serta berkontribusi dalam penanganan dan pengelolaan arsip kepegawaian secara elektronik, tegas Sayuti.

 

Pada kesempatan tersebut, Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos., dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Karyadi Sahminan, S.E, M.A.P., mengatakan bahwa keberadaan teknologi informasi yang semakin pesat membuat suatu dokumen yang penting (arsip) tidak disimpan hanya dalam bentuk dokumen berkas tetapi juga dalam bentuk dokumen elektronik, karena dengan adanya dokumen elektronik selain untuk memudahkan menyimpan dalam bentuk digital juga akan lebih mempermudah dalam pengelolaan arsip dan mengkoneksi antar jenis arsip.

 

Lebih lanjut, Karyadi menegaskan agar BKPPD Kabupaten Belitung sebagai pelopor pengelolaan arsip kepegawaian secara elektronik dapat terus memonitor pelaksanaan hingga penerapan arsip elektronik diseluruh Dinas/Instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, sebab kegiatan sosialisasi pada hari ini bukan merupakan output kegiatan melainkan awal dari persiapan.

 

Kegiatan yang dihadiri oleh para Kabag, Kepala Dinas/ SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung dan undangan lainnya, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung. (dok. FW)

 

Sumber: Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Belitung