Rabu, 18 Juni 2014 13:00

Pembinaan Dan Evaluasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Belitung Tahun 2014

Tanjungpandan – Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani menghadiri sekaligus membuka Kegiatan Pembinaan dan Evaluasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Belitung Tahun 2014, Rabu (18/06) 2014, bertempat di Gedung Graha Resto Kabupaten Belitung.

 

Kegiatan Pembinaan dan Evaluasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dilaksanakan selama 2 (dua) hari, dengan jumlah peserta sebanyak 200 orang, terdiri dari angkatan I (pertama) dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 18 Juni 2014 dengan jumlah peserta sebanyak 120 orang, yang terdiri dari Kecamatan Tanjungpandan dan Kecamatan Sijuk. Sedangkan untuk angkatan II (kedua) dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 19 Juni 2014 dengan jumlah peserta sebanyak 80 orang, yang terdiri dari Kecamatan Badau, Kecamatan Membalong dan Kecamatan Selat Nasik. Unsur peserta yang mengikuti kegiatan ini terdiri dari Aparat Kecamatan, Aparat Kelurahan/Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Suku dan Etnis.

 

Ketua Panitia Kegiatan, Sarpan Remadin, S. IP dalam laporannya menyebutkan bahwa, salah satu sasaran strategis dalam upaya mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa adalah melalui proses pembauran bangsa di segala aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Pentingnya proses pembauran kebangsaan ini telah ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kabupaten Belitung dengan membentuk Forum Pembauran Kebangsaan tingkat Kabupaten yang secara umum menjadi wadah bagi seluruh suku dan etnis di Kabupaten Belitung untuk bekerja sama menjaga keamanan dan ketertiban umum.

 

“Untuk menjaga agar proses pembauran kebangsaan ini tetap berjalan dengan baik, maka Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Belitung secara periodic melaksanakan Pembinaan dan Evaluasi Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Tingkat Kabupaten Belitung Tahun 2014” ujar Ketua Panitia Kegiatan. Nara sumber dari kegiatan ini berjumlah 3 (Tiga) orang, yang terdiri dari Ketua FPK Kabupaten Belitung, Polres Belitung dan Kodim 0414 Belitung.

 

Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani dalam sambutannya mengatakan sebagai salah satu negara yang memiliki keanekaragaman baik ras, suku, agama, budaya, adat istiadat hingga bahasa, Indonesia sangat rentan terhadap ancaman besar yang berimplikasi negatif terhadap kesatuan dan persatuan, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) ditengah globalisasi dunia yang terus terjadi. “Melalui kegiatan ini saya berharap agar Forum Pembauran Kebangsaan se-Kabupaten Belitung tetap bersatu dan secara bersama mewujudkan visi-misi dari masing-masing Forum, serta menjadikan kegiatan ini sebagai wadah untuk mendiskusikan dan mengevaluasi hal-hal khususnya terkait isu-isu persatuan dan kesatuan” ujar Wakil Bupati Belitung.

 

Lebih lanjut dikatakannya, terkait pelaksanaan Pemilu Presiden nantinya, “Saya berharap agar seluruh masyarakat bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik dan sesuai hati nurani, jangan mudah terprovokasi dengan isu-isu politik yang dihembuskan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, yang hanya mementingkan kepentingan partai yang justru memecah belahkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara ini” lanjutnya.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Dan Dim 0414 Belitung, Kapolres Belitung, Ketua Dewan Pembina FPK, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kab. Belitung, Kepala Badan Kesbang Pol dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Belitung beserta tamu undangan lainnya.

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung