Rabu, 6 Agustus 2014 08:30

Wakil Bupati Belitung Buka Kegiatan Sosialisasi Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Pembentukan PPID

 

          Tanjungpandan - Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi  membuka kegiatan Sosialisasi Undang undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan pembentukan PPID , Rabu (06/08), bertempat di Hotel Grand Hatika Tanjungpandan.

 

          Selaku ketua pelaksana, Plt. Kepala Dishubkominfo Kab.Belitung, Ayi  Thamrin dalam sambutannya mengatakan “ Kegiatan tersebut diselenggarkan pada  tanggal 6 - 7 agustus  2014 dengan narasumber berasal dari dari Kementerian Kominfo  yaitu  Drs. Tulus Subarjono, Direktur Komunikasi Publik Kominfo, Sukartono Kabid informasi, Bambang Hardiwinata, Sekretaris Pusat Komisi Informasi Pusat. Peserta  yang hadir berjumlah 60 orang terdiri dari Pejabat Esselon II dan Esselon III, Camat dan Lurah  se-Kabupaten Belitung ”.

 

          Sementara itu, Drs. H. Erwandi A. Rani dalam sambutannya mengatakan “ Pemerintah Kabupaten Belitung mendukung atas diselenggarakannya sosialisasi pada hari ini, dengan tujuan agar setiap Aparatur Pemerintah mampu mendukung upaya percepatan reformasi birokrasi, khususnya di lingkup Pemerintah Kabupaten Belitung salah satunya melalui pelaksanaan keterbukaan informasi yang dimiliki  oleh Pemerintah Daerah sebagai badan publik kepada seluruh masyarakat.

 

          Lebih lanjut Wakil Bupati mengatakan, reformasi birokrasi merupakan salah satu agenda pokok yang saat ini tengah dilaksanakan dan diupayakan oleh Pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun daerah menuju tata kelola Pemerintahan yang baik (good governance).  Dalam tata kelola Pemerintahan yang baik tersebut, ada beberapa karakteristik dan nilai-nilai yang melekat, antara lain praktek Pemerintahan yang bersih dan bebas dari praktik KKN, serta berorientasi pada kepentingan publik.

 

          “ Untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang baik (good governance), pemerintah dituntut untuk melakukan transparansi serta akuntabilitas publik terhadap setiap informasi yang dimiliki oleh pemerintah sebagai badan publik, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada agar mudah diakses dan diawasi oleh publik, baik eksternal maupun internal publik “, jelas Wabup “.

 

           Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten III Setda Kabupaten Belitung, Darma Bhakti,S.Sos, Kepala SKPD se-Kabupaten Belitung serta tamu undangan lainnya.

 

Sumber: Humas Setda Kab.Belitung