Rabu, 20 Agustus 2014 17:00

PEMBUKAAN PAMERAN BELITUNG FAIR 2014

Tanjungpandan – Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos menghadiri acara Pembukaan Pameran Belitung Fair 2014, Rabu (20/08) 2014, bertempat di Pantai Wisata Tanjungpendam. Pameran ini dibuka langsung oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Efendi. Acara tahunan ini diadakan dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) ke - 176 yang seyogyanya dilaksanakan pada bulan Juli 2014, namun karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan maka dilaksanakan pada saat ini. Tetapi pada tahun-tahun berikutnya tetap dilaksanakan pada bulan Juli.

 

Tema dari Pameran Belitung Fair 2014 ini adalah “Melalui Belitung Fair 2014 kita sinergikan antara Pariwisata, Perdagangan dan Investasi dalam Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Kerakyatan”. Peserta pameran ini berjumlah 104 stand yang terdiri dari stand SKPD lokal dan BUMN/BUMS, stand dari luar daerah Kabupaten Belitung, stand UKM Kabupaten Belitung dan stand Kelurahan. Pameran Belitung Fair ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari, mulai tanggal 20 – 24 Agustus 2014 yang dibuka setiap hari dari jam 09.00 – 21.00 Wib. Adapun mitra penyelenggara Pameran Belitung Fair 2014 ini adalah PT. Aaliyah Cipta Pradana Jakarta.

 

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan, Adnizar, SH dalam laporannya mengatakan, tujuan pelaksanaan Belitung Fair 2014 ini adalah untuk sarana mempromosikan dan memperkenalkan kepada pasar atas produk UMKM, Produk Pariwisata, Perdagangan dan Investasi antar daerah, serta memperluas peluang bisnis dan usaha dengan kemitraan. Dan sebagai upaya untuk mengukuhkan Kabupaten Belitung sebagai Destinasi Wisata Nasional maupun Internasional serta upaya penumbuhan dan peningkatan ekonomi kerakyatan.

“Kami atas nama semua panitia penyelenggara mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran dan partisipasinya sehingga pelaksanaan Pameran Belitung Fair 2014 ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar” ujar Adnizar.

 

Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S. Sos dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan Pameran Belitung Fair 2014 merupakan salah satu agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Belitung melalui Dinas teknis terkait, sebagai rangkaian dari Peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) ke-176 dan HUT RI ke-69 Kabupaten Belitung Tahun 2014. Disamping itu, momen ini dijadikan Pemerintah Daerah sebagai salah satu sarana untuk mempromosikan sektor-sektor unggulan pembangunan di Kabupaten Belitung, sekaligus untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produk unggulan daerah.

“Kedepan, saya berharap agar seluruh masyarakat khususnya para pengrajin dari UMKM dapat terus berinovasi, berkreasi dan memanfaatkan peluang promosi yang ada, salah satunya dengan memanfaatkan sektor pariwisata untuk memasarkan produk-produknya” kata Sanem sapaan akrab Bupati.

 

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Efendi dalam sambutannya mengajak semua masyarakat  agar bersama-sama mengangkat seluruh potensi yang ada di Pulau Belitung ini. Dan mengajak agar masyarakat  Belitung bersama-sama bisa menciptakan kondisi yang kondusif guna mendukung pariwisata Belitung. “Belitung begitu hebat dengan potensi yang ada. Mulai dari pertambangan hingga keindahan alamnya. Semua ini tinggal bagaimana kita memanfaatkannya. Terutama dari sumber daya manusia, tanpa sumber daya manusia yang baik potensi ini tidak ada gunanya” ujarnya.

 

Hadir dalam acara ini Deputi KSPK BKKBN RI, Komandan Lanud H. AS Hanandjoeddin, Letkol Pnb. Setiawan, Wakapolres Belitung, Kompol Anwar D Nasution, Kajari Tanjungpandan, Nova Elida Saragih, Para Kepala SKPD se-Kabupaten Belitung, beserta tamu undangan lainnya.

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung