Sabtu, 13 September 2014 11:00

Gubernur Babel Lepas Calon Haji kabupaten Belitung 1435 H

Tanjungpandan, Calon haji kabupaten Belitung Tahun 1435 H secara resmi dilepas oleh Gubernur Kep. Bangka Belitung H. Rustam Effendi bertempat di Masjid Agung Al Mabrur Tanjungpandan (Sabtu, 13/09/2014). Calon haji diberangkatkan melalui Bandara H.A.S Hanandjoeddin Tanjungpandan menggunakan pesawat Sriwijaya Air menuju Palembang dan akan bergabung dengan Kloter 9 Palembang bersama calon haji asal Kabupaten Belitung Timur, Bangka Barat, Pangkalpinang dan Palembang.


Dalam Sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, H. Muhammadiyah, S.Ag  melaporkan bahwa Calon Jemaah Haji Kabupaten Belitung Tahun 1435 H sebanyak 72 orang terdiri dari 69 orang calon haji dan 3 orang Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD). Dari 76 orang calon haji tersebut, 56 orang dari Kecamatan Tanjungpandan, 2 orang dari Kecamatan Selat Nasik, 13 orang dari Kecamatan Sijuk dan 1 orang dari Kecamatan Badau.

 

Bupati Belitung H. Sahani Saleh, S.Sos berpesan agar seluruh calon haji ibadah Haji dapat menjalani seluruh rukun ibadah haji dengan sabar dan ikhlas serta tetap menjaga kekompakan sesama regu dan rombongan selama berada di tanah suci.

 

Gubernur Kep. Bangka Belitung dalam sambutannya mengemukakan bahwa calon haji asal Babel yang berangkat ke tanah suci tahun 1435 H berjumlah 732 orang dari jumlah kuota 913 orang. Tidak terpenuhinya kuota haji babel karena adanya pengurungan kuota sebesar 20% akibat dari perluasan wilayah masjidil haram.Rustam juga mengingatkan calon haji untuk selalu menjaga kesehatan jasmani dan rohani serta dapat mentaati aturan yang berlaku di tanah suci.

 

Turut hadir dalam acara pelepasan Calon Haji antara lain, Wakil Bupati Belitung H. Erwandi A. Rani,  unsur Forkominda Kabupaten Belitung, anggota IPHI Kabupaten Belitung, dan Ormas-Ormas Islam se-Kabupaten Belitung, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta keluarga Calon Haji.

 

Sumber: Kementerian Agama Kab. Belitung