Selasa, 23 September 2014 11:00

25 ANGGOTA DPRD KABUPATEN BELITUNG RESMI DILANTIK

Tanjungpandan.--- Pengucapan sumpah dan janji para anggoat DPRD bukan sekedar kegiatan seremony, namun merupakan puncak dari segala kegiatan demokrasi setiap tahapan pemilu yang telah dilaksanakan sebelumnya. Dalam pengucapan sumpah dan janji para anggota DPRD mempunyai tanggung jawab yang harus di embannya. “Mulai saat ini anda semua merupakan pejabat, setiap ucapan yang keluar akan menjadi konsumsi publik, publik akan menilai setiap ucapan meskipun keluar satu huruf dari mulut saudara (Anggota DPRD),”ujar Rustam Effendi dalam sambutan pelantikan 25 anggota DPRD Kabupaten Belitung di ambil sumpah jabatan sebagai Anggota DPRD Kabupaten Belitung terpilih periode 2014 – 2019 yang berlangsung di ruang sidang DPRD kabupaten Belitung pada sidang Paripurna Istimewa V masa persidangan III DPRD Kabupaten Belitung tahun 2014 (selasa/23/09/04).

 

Dikatakannya, lembaga dewan terhormat mempunyai 3 (tiga) fungsi pokok dalam pemerintahan, yakni fungsi legislasi, fungsi bugdeting, pengawasan. Dengan ketiga fungsi tersebut DPRD mempunyai kedudukan yang setara dengan kepala daerah dalam pemerintahan. “Pemerintah adalah Bupati dan Anggota DPRD. Kedudukannya setara, tidak ada yang lebih tinggi dan tidak ada yang lebih rendah. DPRD harus memberikan solusi dalam menjalankan pemerintahan bila menemui kendala, “ujar Rustam Effendi

 

Sementara itu, Bupati Belitung H. Sahani Saleh,S.Sos dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para Anggota DPRD yang baru dilantik, ia berharap para anggota DPRD yang baru ini bisa menjalin kerjasama yang baik dalam melaksanakan pembangunan. “saya harap ke depan bisa menjalin kerjasama dengan baik untuk mewujudkan proklamasi kemerdekaan yaitu mensejahterakan rakyat, kita juga ucapkan terima kasih atas nama pemerintah dan masyarakat kepada Anggota DPRD periode 2009 – 2014 yang selama ini sudah bekerjasama dengan baik dalam hal pembangunan Belitung,”Ujar Sanem

 

Paripurna dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Belitung periode 2009-2014, Taufik Rizani yang dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan (SK) penetapan pejabat baru oleh Plt.Sekretaris Dewan DPRD kabupaten Belitung, B.Maiya Hasibuan,SH. Pengucapan Janji dan Sumpah Pelantikan Anggota DPRD periode 2014 – 2019 dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Tanjungpandan, Ronald Salnofri BYA.

 

Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Belitung periode 2014-2019 ini dihadiri oleh Bupati Belitung, Wakil Bupati Belitung, Dandim 0414 Belitung, Kapolres Belitung, Danlanud Tanjungpandan, serta para pejabat di lingkungan Pemkab Belitung, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan undangan lainnya.

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung