Jum'at, 26 September 2014 11:00

Pemerintah Kabupaten Belitung Gelar Safari Jum`at Di Desa Pulau Seliu

 

Membalong - Bupati Belitung, H. Sahani Saleh, S.Sos beserta rombongan pemerintah Kabupaten Belitung  berkunjung ke pulau Seliu dalam agenda rutin yaitu  Safari Jum'at yang digelar dimasjid Al- Ikhlas desa Pulau Seliu, Jum'at (26/09).

 

Kepala desa pulau Seliu, Edyar, pada kegiatan safari Jum'at tersebut, dalam sambutannya mengatakan " Jumlah penduduk kami sebanyak 1138 jiwa dengan 354 Kepala Keluarga. 8  RT dan 2  dusun yang selalu  kami sampaikan jumlah penduduknya kepada pihak Kecamatan sebagai acuan untuk pendataan.  Pelaksanaan pembangunan di desa pulau Seliu kami jalankan sesuai dengan  Musrenbang dan saat ini kami dapat bantuan dari pemerintah pusat berupa sarana air bersih dan air minum untuk digunakan  masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari hari.  kami berencana  membuat air minum kemasan, akan tetapi  belum ada serah terima dari pemerintah pusat, jika sudah ada, kami akan berupaya mengoperasikan sumber air tersebut. Kegiatan pembangunan jalan, saat ini  Dinas Pekerjaan Umum  sudah datang ke tempat kami untuk mengambil data proses perbaikan jalan,  harapan kami bapak Bupati dan instansi terkait  dapat mendukung pembangunan tersebut ".

 

Acara dilanjutkan dengan Sambutan Bupati Belitung didahului penyerahan bantuan berupa satu set sound system dan 32 paket sembako dari pemerintah Kabupaten Belitung dan Badan Amil Zakat ( BAZNAS) Kabupaten Belitung yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Belitung, H Sahani Saleh,S.Sos kepada pengurus Masjid Al - Ikhlas .

 

Sahani Saleh dalam sambutannya mengatakan "  Masjid merupakan suatu simbol keimanan dimasyarakat, jika masjidnya kumuh, kumuh juga keimanan masyarakat tersebut.untuk itu pemerintah daerah saat ini memberikan bantuan tidak terkecuali di pulau Seliu dalam  pembangunan masjid, supaya ada kesetaraan di desa ataupun kota. Dalam pembangunan misalnya, pembangunan infrastruktur di pulau- pulau sudah menjadi kewajiban kami sebagai pemerintah daerah. Akan tetapi kendala dalam pembangunan selalu ditemui sebagai contoh pembangunan jalan Hotmix di Kecamatan Selat Nasik yang mana para pemborong tidak sanggup untuk merealisasikan dikarenakan beberapa hal diantaranya sulitnya membawa alat
serta bahan baku dan lain sebagainya.

 

Lebih lanjut Bupati mengatakan “ Kepada Kepala desa pulau Seliu, kami berharap bisa mengembalikan kejayaan pulau ini seperti beberapa tahun yang lalu yang mana pulau Seliu terkenal dengan  ciri khas tersendiri yaitu Kopra, Emping dan buah Mangganya. Mungkin saat ini kejayaan tersebut lenyap dan tidak menutup kemungkinan masyarakat pulau Seliu  yang dahulunya merupakan penghasil minyak kepala, saat ini masyarakatpun harus ke kota untuk membeli minyak tersebut. Kemudian terdengar kabar banyaknya lahan di pulau Seliu sudah diperjualbelikan dan  mungkin ada distorsi generasi dahulu dengan generasi sekarang yang membuat hal semacam itu terjadi " ujar Sahani.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani serta Kepala SKPD se- Kabupaten Belitung.

 

Sumber: HUMAS SETDA Kab.Belitung