Kamis, 30 Oktober 2014 16:00

WAKIL BUPATI BELITUNG MENUTUP KEGIATAN SOSIALISASI PENINGKATAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN TAHUN 2014

Tanjungpandan – Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani menghadiri sekaligus menutup secara resmi kegiatan Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan Tahun 2014, Kamis (30/10/2014), bertempat di Gedung Nasional Tanjungpandan, Belitung. Sosialisasi ini diikuti sebanyak 793 peserta, yang terdiri dari Sekretaris Kelurahan dan Sekretaris Desa, Kasi Pemerintahan Kantor Kelurahan dan Kaur Pemerintahan Kantor Desa dan Ketua Rukun Tetangga ( RT) se-Kabupaten Belitung.

 

Ketua Pelaksana Kegiatan, Mustopa, S. Sos dalam laporannya mengatakan, semoga dengan selesainya pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Administrasi Kependudukan Tahun Anggaran 2014 ini, kiranya dalam memberikan pelayanan dokumen kependudukan dan Pencatatan Sipil kepada masyarakat dapat lebih ditingkatkan lagi. “Terima kasih kepada seluruh peserta yang telah mengikuti kegiatan ini, supaya ilmu yang telah didapat bisa dimanfaatkan dengan baik” ujar Mustopa.

 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dra. Hotmaria Ida dalam sambutannya mengatakan, bahwa dalam kesempatan ini kami melakukan revisi ulang kebijakan atau undang-undang tentang administrasi kependudukan, yang mana tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman. Dulu Kartu Tanda Penduduk (KTP) hanya berlaku 5 tahun, tetapi dengan e-KTP yang sekarang bisa berlaku untuk seumur hidup, dengan catatan tidak ada perubahan identitas nama, status ataupun alamat. “Mengingat kesibukan Bapak Wabup Belitung, kami selaku panitia pelaksana sangat berterima kasih kepada Bapak Wakil Bupati telah menyempatkan hadir ditengah-tengah kami” ujar Hotmaria.

 

Sebelum menutup kegiatan ini, Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani menyampaikan apresiasinya kepada panitia pelaksana karena telah mengadakan kegiatan ini. “Saya selaku pemerintah mengapresiasi dengan baik kegiatan ini, karena dengan kegiatan ini, kita aparat pemerintahan bisa lebih mendekatkan diri kepada masyarakat” ujar wabup.

 

Dalam sambutannya Wakil Bupati Belitung, Drs. H. Erwandi A. Rani juga mengatakan, agar selanjutnya kegiatan-kegiatan dalam rangka peningkatan pelayanan administrasi kependudukan maupun pelayanan publik dibidang lainnya, dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan. Mengingat kebijakan Pemerintah Pusat maupun peraturan perundang-undangan, yang dijadikan petunjuk teknis dalam pelaksanaan tugas sering kali mengalami perubahan setiap tahunnya, disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan informasi.

 

Selain itu, demi kelancaran pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Belitung, saya mengingatkan kepada setiap SKPD maupun unit pelayanan publik di Kabupaten Belitung, yang belum memiliki standar dalam pelayanan atau Standard Operating Procedure (SOP), untuk sesegera mungkin menyusun standar pelayanan sesuai dengan petunjuk teknis yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan.

 

“Harapan saya selaku Pemerintah Kabupaten Belitung setelah kegiatan sosialisasi ini, semoga ilmu yang didapatkan di kegiatan ini jangan sampai jalan ditempat, minimal sampaikan kepada keluarga dan masyarakat sekitar” lanjutnya.

 

Hadir dalam acara ini, Camat Tanjungpandan, Warsito, S.Ag, S.AP, Lurah Parit, Budi Swasta Kartiman, S.IP, perwakilan Polres Belitung beserta tamu undangan lainnya.

 

Sumber: Humas Setda Kab. Belitung